Resep Sayur Asem Cara Membuat Sayur Asem Bening dan Sederhana Jawa Tengah Timur Sunda dan Betawi Jakarta Enak Terbaru Juni 2016

Cara Membuat Masakan Resep Sayur Asem, Ketika cuaca panas atau hangat, masakan yang paling pas untuk disajikan adalah  sayur asam. Kombinasi rasa pedas, asem dan segar yang sangat khas dapat ditemukan di beberapa daerah di Indonesia seperti Jakarta Betawi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sunda. Sayur Asam ini akan terasa begitu nikmat apalagi jika dipadukan dengan ikan asin juga sambal terasi. Tentu saja kenikmatan sayr asem tersebut akan jauh lebih terasa jika kita menyantapnya bersama dengan anggota keluarga di rumah. Anda tidak perlu bingung karena resep sayur asam cukup mudah juga sederhana sehingga anda dapat memelajari serta memasaknya sendiri di dapur rumah anda.

Resep Sayur Asem Cara Membuat Sayur Asam Bening dan Sederhana Jawa Tengah, jawa timur, Sunda dan Betawi Jakarta Enak, Segar Dan Nikmat Yang Harus Anda Coba

Bahan-bahan Bumbu Resep Sayur Asem Cara Masak Enak Sederhana

Selain resep juga cara masaknya yang mudah, bahan serta bumbu sayr asem yang diperlukan untuk membuat sayur asem pun sangat dapat kita temukan dengan mudah. Bahkan, pada pasar tradisional biasanya sudah disediakan paket bahan sayur asam lengkap sehingga kita hanya perlu untuk mempersiapkan bumbunya saja. Jika anda tidak bisa mendapatkan paket bahan sayur asam yang lengkap, maka anda bisa meracik sendiri bahan sayr asem yg diperlukan.

 

Berikut Bahan serta Cara Membuat Sayur Asem

Bahan dari resep sayur asam antara lain:

  • mlinjo serta daun mlinjo masing-masing 50 gram
  • 4 lembar kol yg dibuang bagian kerasnya
  • 5 batang kacang panjang
  • 100 gram pepaya muda
  • setengah buah labu siam potong dadu
  • setengah batang terong
  • 1 buah jagung manis
  • 2 sendok makan kacang tanah
  • 2 liter air.

Potong-potong kol, kacang panjang, pepaya muda, labu siam, terong, serta jagung manis. Jagung manis sebaiknya dipotong menjadi 3 bagian agar tidak terlalu kecil serta tidak terlalu besar. Selanjutnya, siapkan bumbu sayur asem.

Bumbu Sayur Asem

Bumbu sayur asem ada dua. Yang pertama adalah bumbu halus yg terdiri dari 5 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 6 butir kemiri, 2 buah cabai merah, 1 sendok makan gula merah, garam secukupnya, serta tentu saja 2 sendok teh asam jawa. Haluskan bumbu-bumbu tersebut. Menghaluskan bumbu bisa menggunakan manual yaitu diulek, atau bisa juga dibelender agar lebih praktis.

Baca juga Resep lainnya di www.artikel.web.id seperti:

 

Bumbu resep sayur asem yg selanjutnya terdiri dari 1 ruas jari lengkuas yg dimemarkan, 2 lembar daun salam serta 2 sendok gula merah. Setelah bahan serta bumbu siap, maka anda hanya perlu memasaknya menjadi menjadi sayur asam yang segar serta nikmat.

Resep Sayur Asem Cara Membuat Sayur Asem Bening dan Sederhana Jawa Tengah Timur Sunda dan Betawi Jakarta Enak | bill_gates | 4.5