Tim Arab Inginkan Australia Keluar Dari Sepakbola Asia Terbaru Juni 2016

Presiden Asian Football Confederation, Salman bin Ibrahim Al-Khalifa mengakui adanya keinginan dari sejumlah negara-negara Teluk untuk mempertimbangkan Australia keluar dari sepakbola Asia. Menurut federasi sepakbola dari sejumlah negara di Timur Tengah, keanggotaan Australia kurang berfaedah.

australia-keluar-dari-sepakbola-asia

Australia baru saja memenangkan Piala Asia yang digelar kemarin. Dalam pertandingan final melawan Ksatria Taeguk, Korea Selatan, The Socceroos berhasil menang 2-1. Gol Australia sendiri dicetak oleh Massimo Luongo di menit 45 dan James Troisi di babak perpanjangan waktu. Sementara gol Korea Selatan dicetak oleh penyerang Bayer Leverkusen, Heung-Min Son. Final ini sendiri merupakan kali kedua Australia berhasil lolos setelah di tahun 2011 kemarin harus kandas di tangan Samurai Biru, Jepang.

Presiden Salman yang diwawancarai oleh Al-Ittihad, surat kabar Dubai, memang ada reaksi dari banyak federasi sepakbola Arab yang mendesak supaya keanggotaan Australia ditinjau ulang.

“Indikasi keinginan negara Asia Barat untuk mencoret Australia dari AFC memang besar. Saya juga paham bukan hanya mereka yang menginginkan hal ini melainkan juga dari wilayah lain dalam sepakbola Asia,” ujar Salman.

Pertentangan ini muncul kuat dugaan karena adanya perasaan bahwa masuknya Australia ke AFC hanya menguntungkan sang Negeri Kanguru semata. The Socceroos telah dua kali masuk ke putaran grup Piala Dunia secara langsung sementara sejak masuknya Australia ke AFC, tidak ada negara Arab yang berpartisipasi di ajang sepakbola terakbar empat tahunan itu, yakni di Afrika Selatan 2010 dan Brasil 2014.

Klasemen La Liga Spanyol | Klasemen Liga Inggris | Klasemen Liga Italia | Jadwal Hasil Liga Champions | Klasemen ISL

Sesuai ketentuan FIFA, Asia mendapatkan empat jatah langsung ke putaran grup Piala Dunia dan satu jatah untuk menghadapi play-off melawan tim dari konfederasi sepakbola benua lain. Dengan hadirnya Australia, nampaknya membuat kesempatan negara Teluk menjadi “berkurang” dan menginginkan Australia keluar dari sepakbola Asia.

Namun masih ada beberapa federasi sepakbola yang tidak menginginkan Australia keluar dari sepakbola Asia. Namun Salman sendiri mengatakan mekanisme resmi untuk meninjau ulang keanggotaan Australia adalah sesuatu yang nihil. Ia juga beranggapan Australia tidak bisa dikeluarkan begitu saja karena proses penerimaannya sudah terjadi 10 tahun silam.

Tim Arab Inginkan Australia Keluar Dari Sepakbola Asia | wahyuni | 4.5