Siaran Pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Dapat Teguran KPI Terbaru Juni 2016

Pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina disiarkan langsung di salah satu TV swasta nasional selama 2 hari berturut-turut. Acara ini dimulai dari pengajian, sungkeman, dan siraman di rumah masing-masing mempelai (Nagita dan Raffi) serta midodareni yang digelar di rumah Nagita Slavina pada tanggal 16 Oktober 2014. Disusul kemudian pada tanggal 17 Oktober 2014 digelar acara akad nikah. Jadwal tayang dari acara ini dimulai dari jam 8 pagi hingga jam 10 malam di hari pertama dan jam 8 pagi hingga jam 18.30 WIB di hari kedua. Jam penayangan yang terlalu panjang pun membuat KPI harus melayangkan teguran tertulis kepada stasiun TV yang menayangkannya secara live, yakni Trans TV. Kok bisa?

 

Pro dan Kontra Siaran Langsung Pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Siaran Pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Dapat Teguran KPI

Ada dua pendapat berbeda yang berkembang di masyarakat melihat penayangan Raffi dan Nagita ini. Namun, yang paling banyak disorot tampaknya adalah pemakai media sosial yang merasa bahwa tontonan sekitar 24 jam itu dinilai tidak bermutu dan menciderai kepentingan publik. Benarkah demikian?

 

Teguran dari KPI

Kabarnya, Trans TV sebagai stasiun TV yang menayangkan secara langsung acara pernikahan telah ditegur oleh KPI secara tertulis. Menurut KPI, durasi yang dipakai untuk menayangkan pernikahan Raffi dan Gigi sudah melebihi batas wajar. KPI juga mengungkapkan kalau tontonan pernikahan adat ini tidak memberikan manfaat bagi publik sebagai pemilik utuh dari frekuensi. Tak pelak, Trans TV pun ditegur dengan pelanggaran atas perlindungan atas kepentingan umum. Secara umum, Trans TV telah ditegur karena telah menyalahgunakan frekuensi publik dan surat tegurannya bernomor 2415/K/KPI/10/14 KPI. Ke depannya, diharapkan stasiun televisi tidak melakukan hal yang sama dan tidak menayangkan siaran Pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina lagi dalam bentuk pengulangan atau rerun. Lihat juga Mas Kawin Nagita Slavina dan Raffi Ahmad

 

Tanggapan dari Raffi Ahmad

Saat menggelar jumpa pers dalam setelah acara ijab kabul kemarin 17 Oktober 2014, Raffi enggan menjawab masalah teguran dari KPI ini. Saat ditanya wartawan seputar teguran, Raffi hanya menjawab singkat, kalau itu saya tidak tahu, tanyakan pada pihaknya (stasiun TV) nya langsung. Raffi pun langsung membuka kesempatan untuk pertanyaan lainnya dengan menghadap ke arah berlawanan dengan wartawan sebelumnya.

 

 

 

Pernikahan Raffi dengan Nagita yang mengusung adat Jawa dan Sunda ini memang memunculkan pro dan kontra. Masyarakat yang sebagian besar masyarakat menengah ke bawah mengaku mendapat hiburan dan jadi mengerti dengan lebih detail tentang pernikahan adat Jawa dan Sunda dari layar TV. Sementara ada juga yang menyayangkan siaran TV ini hingga memplesetkan Trans TV menjadi TRANS (Televisi Raffi Ahmad Nagita Slavina) karena jam siarnya yang terlalu panjang. Sebagaimana diketahui, pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ini bukanlah pernikahan selebriti pertama yang disiarkan secara langsung. Sebelumnya pernikahan Anang dan Ashanty juga disiarkan secara langsung oleh RCTI.

Siaran Pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Dapat Teguran KPI | author | 4.5