Hannah Arendt Ultah ke-108 dan Tampil di Google Doodle Terbaru Juni 2016

Hannah Arendt hari ini tampil di google doodle dalam rangka ulang tahunnya yang ke-108. Seorang tokoh yang meninggal di usia 69 tahun di New York City ini menjadi tokoh dunia yang cukup dikagumi. Wikipedia menuliskan kalau Arendt merupakan seorang teoretikus politik dari Jerman. Bahkan, Arendt juga disebut-sebut sebagai seorang filsuf. Meski Arendt tidak menerima label filsuf yang sematkan padanya. Sebab menurutnya, filsafat adalah tentang urusan hubungan manusia dalam pengertian tunggal atau individu atau singular. Siapa sebenarnya tokoh filsuf ini?

 

Biografi Hannah Arendt yang Ulang Tahun ke-108 dan Komentar Tweeple

Hannah Arendt Ultah ke-108

Biografi Arendt

Ada yang berbeda dengan google doodle hari ini. Ya, ada wajah Hannah yang menghiasi tulisan google. Saat Anda membuka mesin pencari google, maka yang akan Anda lihat pertama kali adalah gambar seorang perempuan yang memegang pena dengan buku-buku di depannya. Dan ketika kursor diarahkan pada gambar tersebut, tertulis Ulang Tahun ke-108 Hannah Arendt. Ya, hari ini memang menjadi hari ulang tahun dari perempuan asal Jerman yang lahir tahun 1906 itu. Siapakah Arendt sebenarnya?

 

Arendt merupakan seorang pakar politik yang enggan dianggap sebagai filsuf. Arendt lahir di Jerman (Hannover) pada tanggal 14 Oktober pada tahun 1906. Wanita ini merupakan seorang teoretikus tentang hal-hal yang berhubungan dengan kekuasaan, demokrasi langsung, politik, dan totalitarianisme. Arendt sangat terkenal, hingga kini sudah ada The Hannah Arendt Prize. Di mana penghargaan ini diberikan kepada politikus yang bisa membawa paham totalitarianisme yang dicetuskan oleh Arendt. Lihat juga Dewi Panah Asmara Arjuna Yang Tereliminasi Semalam

 

Arendt pernah tercatat sebagai seorang dosen di Universitas Princeton. Di Universitas ini, Arendt menjadi dosen wanita pertama. Dalam perjalanan kariernya, Arendt harus melewati banyak aral. Bahkan, dia pernah di penjara di Gestapo pada tahun 30-an. Arendt yang memiliki pemikiran bahwa manusia pada umumnya bukanlah manusia saja, manusia hidup di muka bumi juga menghuni dunia ini meninggal pada usia 69 tahun, tepatnya pada tanggal 14 Desember 1975 karena serangan jantung.

Simak juga :

 

 

Ucapan selamat ulang tahun dari tweeple

Tidak hanya google doodle, Arendt yang kini sudah meninggal juga mendapatkan ucapan ulang tahun dari banyak pihak. Hal ini bisa dilihat dari komentar para tweeple yang secara langsung mengucapkan ulang tahun kepada tokoh wanita itu setelah melihat google doodle hari ini. Tidak hanya mereka yang mengetahui dari google doodle, ada juga tweeple yang memberitahukan kepada banyak orang kalau hari ini merupakan hari kelahiran perempuan yang lahir dari keluarga Yahudi Sekuler itu. Bahkan, ada pula yang mengenang karya-karya tulis yang dihasilkan oleh Arendt. Salah satu karya yang dicatatkan di Wikipedia adalah Between Past and Future yang memiliki arti antara masa lalu dan masa depan.

 

Jadi, selamat ulang tahun yang ke-108 Hannah Arendt.

Hannah Arendt Ultah ke-108 dan Tampil di Google Doodle | author | 4.5