Acara Adat Siraman Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang Haru Terbaru Juni 2016

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina hari ini menjalani prosesi siraman yang dilaksanakan di kediaman masing-masing. Raffi Ahmad melaksanakan siraman di kediamannya di daerah Pondok Labu, Jakarta Selatan. Sementara Nagita Slavina melakukan acara siraman di Tebet, Jakarta Selatan. Keduanya mengusung upacara adat masing-masing untuk menjalani prosesi siraman ini, Raffi dengan adat Sunda yang kental. Sedangkan Gigi dengan adat Jawa yang sangat mengharukan. Bagaimana kisah lengkapnya?

 

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina tumpahkan air mata di acara siraman

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Hari ini menjadi hari yang sakral bagi pasangan Raffi dan Gigi. Pasangan fenomenal ini menjalankan prosesi siraman dan midodareni menyusul akad nikah yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2014 esok hari. Siraman adat Sunda dengan Jawa dipilih oleh sepasang kekasih ini. Bagaimana kronologinya?

 

Adat Jawa di Rumah Gigi yang Mengharukan

Acara di rumah Gigi dibuka dengan acara pengajian yang dilanjutkan dengan permohonan izin dari Gigi kepada ibunya. Suasana haru pun langsung pecah manakala gigi membacakan ungkapan hatinya yang sudah dipersiapkannya. Isak tangis tidak hanya terlihat di wajah Gigi, Ibunda Gigi, Mama Rita pun terlihat sangat sedih melepas anak gadis pertama yang dia sayangi. Nagita yang kala pengajian mengenakan baju berwarna pink dengan tatanan make up natural pun terlihat sangat sedih. Suasana semakin pecah manakala Ibunda membacakan ungkapan hati sebagai pemberian izin kepada Nagita Slavina. Setelah acara pengajian, acara dilanjutkan dengan sungkeman. Tahapan demi tahapan dilaksanakan dengan penuh hikmat dan rasa haru dengan iringan gending Jawa yang menyayat hati.

 

Jika sang ayah sebelumnya tidak tampak menitikkan air mata. Saat acara sungkeman ini baik Gigi, mama, papa, dan omanya ikut menitikkan air mata. Orang tua Gigi seolah tidak rela melepas anak gadisnya tetapi juga bahagia atas kebahagiaan anaknya. Setelah acara sungkeman, acara dilanjutkan ke siraman yang menjadi acara inti dari rangkaian pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Air yang digunakan untuk siraman merupakan air yang diambil dari 7 tempat berbeda dengan kembang 7 rupa dan Gigi juga harus dimandikan oleh sesepuh sebanyak 7 orang termasuk orang tuanya dan salah satu artis fenomenal Titiek Puspa.

 

 

 

Acara di rumah Raffi

Air siraman yang digunakan dalam acara siraman Gigi dikirimkan oleh perwakilan dari keluarga Gigi ke rumah Raffi. Air itu juga dipakai siraman oleh Raffi Ahmad ketika sampai di rumahnya di daerah Pondok labu. Acara di rumah Raffi Ahmad pun sangat sakral dan diawali dengan pengajian yang sekaligus meresmikan rumah barunya yang berada di kawasan Pondok Labu. Setelah pengajian, Raffi menunggu air siraman datang dari rumah Gigi dan setelah datang, prosesi di rumah Raffi dilanjutkan dengan sungkeman dan siraman lengkap dengan alunan dan adat Sunda. Saat sungkeman, ibunda Raffi, Amy Qanita juga tampak menangis, haru. Begitu juga Raffi Ahmad, calon mempelai pria.  Baca juga Hannah Arendt Ultah ke-108 dan Tampil di Google Doodle

Rangkaian pernikahan acara Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ini disiarkan secara langsung dari jam 8 pagi hingga jam 10 malam hari ini. Di mana nanti malam acara akan dilanjutkan dengan prosesi midodareni.

Acara Adat Siraman Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang Haru | author | 4.5