Zulkifli Hasan Ketua MPR Baru Bantah Jegal Pelantikan Jokowi Terbaru Juni 2016

Ketua MPR 2014-2019 sudah terpilih. Calon paket yang diusung oleh Koalisi Merah Putihlah yang memenangkan voting dengan perolehan 347 suara. Adalah Zulkifli Hasan, seorang politikus dari Partai Amanat Nasional yang nantinya akan menduduki kursi MPR dari tahun ini hingga tahun 2019 mendatang. Apakah dengan terpilihnya Zulkifli Hasan, pelantikan Jokowi akan dijegal? Disinggung tentang hal ini, Zulkifli pun membantah.

 

Jadi Ketua MPR, Zulkifli Hasan tidak akan Jegal Pelatikan Jokowi-JK

 Zulkifli Hasan Ketua MPR Baru Bantah Jegal Pelantikan Jokowi

 

Profil Zulkifli Hasan

Zukifli Hasan lahir di Lampung Selatan, Penengahan pada tanggal 17 Mei 1962. Dr. H Zulkifli Hasan SE, MM merupakan politikus dari partai PAN. Beliau juga merupakan besan dari mantan ketua umum PAN, Amien Rais. Kabarnya, untuk terpilih sebagai ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Amien Rais banyak membantu Zulkifli. Karier politik terakhirnya adalah saat menduduki kursi Menteri Kehutanan Indonesia periode 2014 hingga 2019 (yakni pada tanggal 20 Oktober 2009 hingga 1 Oktober 2014). Zulkifli lahir dari rahim ibu yang bernama Siti Zainab dan memiliki nama ayah Hasan. Sebelum menjadi Menteri Kehutanan Indonesia, Zulkifli juga menjadi Sekretaris Jenderal PAN pada tahun 2005-2010. Sebelumnya Zulkifli juga pernah menjadi Presiden Direktur PT Panamas Mitra Inti Lestari dan juga pernah menjadi ketua fraksi PAN di DPR RI pada periode 2004-2009. Karier lainnya adalah sebagai Ketua Departemen Logistik PAN, Ketua Lembaga Buruh Tani & Nelayan, Wakil Ketua Komite Tetap di Pemberdayaan Kandida DKI, dan yang lainnya.

 

Kronologi terpilihnya Zulkifli Hasan

Dengan terpilihnya Zulkifli Hasan sebagai ketua MPR 2014-2019, sudah dapat dipastikan bahwa karier pemuda Lampung ini bertambah dan semakin baik. Namun demikian, saat ditanya tentang apakah dirinya sudah menduga kemenangan ini, Zulkifli menjawab bahwa tidak ada rencana dirinya untuk menjadi ketua di Majelis Permusyawaratan Rakyat. Sementara kemenangan Zulkifli ini dinilai PAN yang tidak lain adalah partai pengusungnya sebagai bukti dari kesolidan KMP atau Koalisi Merah Putih. Melenggangnya Zulkifli ini meninggalkan paket yang diusung oleh tim Indonesia Hebat yang menempatkan Oesman Sapta Odang. Dalam Pemilihan tersebut, 2 paket yang diusung oleh masing-masing koalisi ini hanya memiliki selisih yang sangat sedikit, yakni 17 suara.

 Lihat juga

 

Tidak akan jegal pelantikan Jokowi

Muncul isu bahwa Zulkifli akan menjegal pelantikan presiden yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2014 mendatang. Mengingat dua koalisi ini menunjukkan pertarungan yang sangat sengit saat pemilu hingga perebutan kursi wakil rakyat (DPR dan MPR). Namun, Zulkifli dengan tegas membantah isu tersebut dan justru berniat menyatukan koalisi-koalisi yang ada di pemerintahan. Sebagai pimpinan MPR yang baru, Zulkifli merasa bertugas untuk merekatkan persatuan dan kesatuan dari lembaga tinggi Negara Indonesia. Zulkifli bahkan keberatan dijadikan pimpinan MPR pada awalnya. Namun, karena ini adalah tugas, Zulkifli Hasan mengaku siap menjalankan tugas barunya sebagai ketua MPR periode 2014 – 2019.

Zulkifli Hasan Ketua MPR Baru Bantah Jegal Pelantikan Jokowi | author | 4.5