Wah! Penangkapan Bambang Widjojanto Kejutkan Publik Terbaru Juni 2016

Penangkapan Bambang Widjojanto – Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, dikabarkan telah ‘ditangkap’ oleh pihak Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri pada Jumat, 23 Januari 2015. Menurut kabar yang beredar, penangkapan Bambang Widjojanto dilakukan sendiri oleh pihak Bareskrim pukul 07.30 pagi seusai mengantar anaknya ke sekolah di kawasan Depok.

penangkapan-bambang-widjojanto

Banyak pihak yang menduga penangkapan Bambang Widjojanto terkait dengan ‘balas dendam’ Polri terhadap diberlakukannya status tersangka atas Kapolri terpilih Budi Gunawan oleh KPK. Namun Polri sendiri mengelak dan mengatakan bahwa Bambang ditangkap atas kasus pemalsuan keterangan pada sidang sengketa Pilkada Kotawaringin Barat pada tahun 2010 silam, ketika ia masih berprofesi sebagai pengacara yang memang sudah malang melintang berperkara di Mahkamah Konstitusi. Dan pada akhirnya terjun mendampingi Abraham Samad sebagai Wakil Ketua KPK.

Menurut Kadiv Humas Polri, Irjen Ronnie Sompie, penyidik telah berhasil menemukan tiga alat bukti untuk menjerat Bambang yang dianggap telah melakukan tindak pidana. Kasus ini sendiri didapati Polri setelah adanya laporan masyarakat yang tidak disebutkan namanya. “Setelah melakukan galar perkara beberapa kali, bisa ditingkatkan ke penyidikan. Penyidik sudah mendapati alat-alat bukti berupa surat atau dokumen, keterangan para saksi, dan keterangan ahli,” ujar Ronnie ketika ditanyai oleh wartawan.

Bambang sendiri langsung ditangkap dan diperiksa sebagai tersangka di kantor Bareskrim.

Sementara itu, mantan Wamenkumham, Denny Indrayana, menyesalkan tindakan Polri yang dianggapnya sebagai langkah yang sangat keliru dan berbahaya. Ia mengaku prihatin atas kabar penangkapan Wakil Ketua KPK tersebut.

Ketika mengunjungi Gedung KPK, Jakarta, Denny berpendapat bahwa penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka di KPK harusnya dianggap sebagai kasus pribadi, dan bukan sebagai masalah antara instansi Polri dan KPK. “Karena itu, ini semua harus ambil langkah-langkah yang tenang. Mari kita selamatkan Polri, mari kita selamatkan KPK,” ujar Denny.

Penangkapan Bambang Widjojanto ini sendiri menurutnya tidak lepas antara intrik yang terjadi antara pihak-pihak yang berkepentingan atas dilantiknya Budi Gunawan dengan status tersangka sang Kapolri terpilih yang ditetapkan oleh KPK pada momen diumumkannya nama Budi Gunawan oleh Presiden Joko Widodo.

Wah! Penangkapan Bambang Widjojanto Kejutkan Publik | wahyuni | 4.5