Umat Hindu di Jakarta Gelar Parade Ogoh-Ogoh Terbaru Juni 2016

Menyambut Hari Raya Nyepi di bulan Maret ini, ratusan umat Hindu di berbagai daerah menjalankan prosesi menjelang Nyepi. Biasanya melakukan Tawur Agung Kesanga 2015 dan Pawai Ogoh-Ogoh. Jumat ini (20/03) terlihat parayaaan pawai ogoh-ogoh di sekitaran Monas siang tadi.

Umat Hindu di Jakarta Gelar Parade Ogoh-Ogoh
Umat Hindu di Jakarta Gelar Parade Ogoh-Ogoh

Parade yang dibuka oleh Wagub DKI Jakarta mempersiapkan sebelas patung dengan bentuk wajah yang seram yang disimbolkan sebagai setan atau makhluk jahat. Parade tersebut juga diramaikan oleh marching band, gambang kromong, tanjidor disertai tarian.

Patung tersebut dibawa keliling monas dengan awal acara dimulai dari tari Kreasi yaitu kolaborasi antara Tari Pendet Bali dan Tari Lenggang Nyai Betawi. Selanjutnya acara tersebut dibuka oleh Djarot dan pembacaan doa.

Djarot dan istrinya datang siang menjelang sore pada pukul 14.40 WIB dan ikut membaur bersama umat Hindu di wilayah Monas barat. Ia dan sang istri menggunakan pakaian khas umat Hindu yaitu sarung motif bunga, kemeja putih dan kepala menggunakan ikat batik bali warna merah.

“Acara ini sangat baik, karena bisa menjadi daya tarik para wisatawan serta simbol keagamaan. Hal ini juga menjadi bukti bahwa warga Ibukota memiliki keragaman,” penuturan dari Wagub DKI itu.

Baca : Zayn Malik Terlihat ‘Kusut’ Ketika Menjelang Konser di Jakarta

Umat Hindu di Jakarta Gelar Parade Ogoh-Ogoh | dewi larasati | 4.5