Ulang Tahun ke-84, Niki de Saint Phalle Ada di Google Doodle Terbaru Juni 2016

Niki de Saint Phalle hari ini ada di logo Google saat Anda melakukan pencarian. Gambar ikonik yang muncul tersebut menggambarkan sosok perempuan asal Prancis yang memiliki keahlian dalam bidang seni dengan sejumlah karya yang sudah mendunia. Ya, Niki merupakan seorang perempuan yang lahir pada tahun1930 tepat di tanggal 29 Oktober. Jika dihitung, hari ini, perempuan tersebut sudah berusia 84 tahun. Sayangnya, Niki sudah meninggal 12 tahun lalu, yakni di tahun 2002. Siapa sebenarnya wanita fenomenal ini hingga google ikut memperingatinya?

 

Niki de Saint Phalle: Profil dan Karya

 Niki de Saint Phalle 1

Hanyalah orang spesial yang akan terpajang di google doodle, dan hari ini adalah giliran wanita legendaris asal Prancis yang ahli dalam bidang seni. Seniman perempuan ini memiliki karya yang fenomenal di masanya, kala itu. Baktinya pada dunia seni memang sudah sepatutnya mendapatkan acungan jempol. Betapa tidak, saat akhir hayatnya pun, Niki disinyalir meninggal saat sedang menyelesaikan karya seninya dan menghirup asap beracun. Apa saja karya Niki?

 

Profil

Saint Phalle merupakan seorang perempuan kelahiran Neulliy sur Seine, Hauts de Seine (tidak jauh dari Paris). Lahir pada tanggal 29 Oktober 1930, hari ini logo doodle pun sangat apik. Profesi perempuan fenomenal ini adalah pelukis, pematung, hingga mampu membuat karya film yang sudah berkelas dunia. Tidak heran jika namanya semakin dikenal dan ulang tahunnya dirayakan dalam google doodle. Salah satu karya perempuan 84 tahun ini yang paling melegenda adalah Shooting Paintings yang dibuat pada tahun 60-an.

 

Anak pertama Niki Saint Phalle lahir pada bulan April tahun 1951 dan diberi nama Laura. Tidak hanya Saint Phalle, sang suami juga merupakan seniman, bahkan pernah belajar musik di Universitas Harvard. Bertepatan dengan suami yang sedang belajar tentang musik inilah Saint Phalle mulai kariernya dalam bidang lukisan. Dia mulai mencoba melukis di berbagai media dengan jenis yang berbeda pula.

 

Karya yang tergambar di google doodle

Niki de Saint Phalle 2

Salah satu karya Saint Phalle yang terpajang di google doodle hari ini adalah L’Ange Protecteur di hall of Zurich hauptbahnhof. Dalam karya tersebut, terlihat sekali karya seni khas Saint Phalle yang sangat indah. Yakni gambar manusia yang menggunakan pakaian berwarna-warni yang sangat keren. Campuran lukisan dengan kepiawaiannya dalam membuat patung disatukan sehingga menghasilkan sebuah karya seni yang super. Ada puluhan karya lain yang pernah diciptakan oleh Saint Phalle hampir semuanya mendunia. Maka tidak heran jika ulang tahun ke-84nya  diperingati oleh rakyat dunia juga.

 

Lihat juga :

 

Tahun-tahun terakhir Saint Phalle

Di akhir masanya, Saint Phalle pernah mendonasikan 300 karyanya ke Museum Sprengel. Selanjutnya, sebelum dia meninggal pada 21 Mei tahun 2002 karena Emphysema di California, Niki de Saint Phalle juga mendonasikan 170 karyanya kepada Musee d’art moderne et d’art contamporian.

Ulang Tahun ke-84, Niki de Saint Phalle Ada di Google Doodle | author | 4.5