Uang NKRI Baru Diresmikan 17 Agustus, Ini Bedanya Terbaru Juni 2016

Uang NKRI merupakan uang yang akan diedarkan secara resmi oleh pemerintah Indonesia bersama Bank Indonesia untuk menggantikan uang dengan desain yang lama. Uang ini akan diresmikan saat upacara hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2014. Belakangan memang santer terdengar kabar uang baru dan juga desas-desus redenominasi rupiah. Apakah uang baru NKRI ini merupakan jawaban dari isu tersebut? Mari simak berita uang baru NKRI dan perbedaan uang baru dengan lama Ini.

Perbedaan Uang NKRI baru dan Uang Lama Serta Fakta

Uang NKRI Baru Hanya pecahan Rp 100.000 Saja

Pemerintah dan Bank Indonesia ternyata hanya mengedarkan pecahan uang Rp 100.000 saja. Untuk pecahan dengan nilai nominal yang lebih kecil akan di terbitkan menyusul. Ini mungkin saja sebagai trik untuk meredam gejolak supaya masyarakat tidak kaget. Uang ini akan diedarkan semua bank yang ada di Indonesia dan langsung bisa dipakai untuk melakukan transaksi tunai.

Daftar Perbedaan Uang Lama Dengan Uang NKRI

Jika anda penasaran dengan perbedaan rupa antara uang lama dengan uang NKRI yang baru, maka bisa di simak gambar yang ada di bawah ini.

Uang NKRI

Berikut ini penjelasannya.

  1. Kata “Bank Indonesia” yang ada di bagian bawah diganti dengan frasa “Negara Kesatuan Republik Indonesia”.
  2. Tanda tangan deputi gubernur BI diganti dengan tanda tangan Menteri Keuangan
  3. Ada background warna emas di sekitar lambang garuda
  4. Security picture dan tinta yang berbeda.
  5. Penggantian penulisan nama Ir Soekarno dan Moh Hatta sesuai Keputusan Presiden yang baru tentang penulisan nama dan gelar pahlawan.
  6. Tidak terkait dengan sedenominasi
  7. Resmi di terbitkan 18 Agustus 2014

Nomor satu dan dua ini sebenarnya ada riwayat khusus. Sejarahnya, pada masa awal kemerdekaan uang yang dipakai bernama Oeang Republik Indonesia. Ini di tandai dengan adanya frasa Oeang Republik Indonesia di lembar uangnya dan tanda tangan Menteri Keuangan. Lalu peraturan diganti untuk mengganti frasa menjadi Bank Indonesia dan tanda tangan menteri keuangan di hapus diganti oleh Gubernur BI dan Dewan Gubernur BI. Karena ada peraturan perundangan baru yang disahkan tahun 2011 (UU No 7 th 2011) maka aturan di atas diganti menjadi seperti yang ada di aturan nomor 1 dan 2 ini.

Baca juga peringatan hari pramuka, foto ariel tatum dan wabah virus ebola yang meresahkan dunia.

Sementara isu bahwa uang NKRI ini adalah uang redenominasi yang menghilangkan 3 angka nol (100.000 menjadi 100) tanpa menghilangkan daya belinya hanyalah isapan jempol belaka. Pemerintah dan BI masih belum memastikan kapan jadwal redenominasi akan dilakukan. Mungkin mereka menunggu momen yang tepat supaya tidak terjadi gejolak ekonomi seperti hiper inflasi.

Demikian berita Uang NKRI dan Perbedaannya antara uang yang baru dengan lama. Anda bisa melihat gambarnya lebih detail supaya bisa melihat perbedaan dengan lebih jelas. Artikel ini kamu buat supaya tidak tertipu dengan uang palsu nanti.

Uang NKRI Baru Diresmikan 17 Agustus, Ini Bedanya | author | 4.5