Tugce Albayrak, Simbol Keberanian dan Keteguhan Moral Terbaru Juni 2016

Kematian Tugce Albayrak tidak hanya meninggalkan duka mendalam bagi keluarganya saja, warga Jerman bahkan seluruh dunia ikut menangisi kepergian gadis 23 tahun ini. Bahkan, presiden Jerman pun mengungkapkan kalau gadis yang meninggal karena dianiaya itu adalah seorang tauladan. Apa yang telah dia lakukan untuk menolong orang hingga mempertaruhkan nyawanya sendiri mendapatkan apresiasi dari tokoh-tokoh besar di Jerman dan bisa dijadikan panutan bagi semua orang.  Bahkan presiden Jerman, Joachim Gauck mengungkapkan kalau Albayrak sudah menjadi contoh atas keberanian dan keteguhan moral. Baca juga : Akun Twitter Farhat Abbas Sebut Olga Syahputra Meninggal)

 

Tugce Albayrak Pembela Gadis yang Akan Diperkosa Akhirnya Meninggal

Tugce Albayrak

Bukan tanpa alasan nama Albayrak langsung menjadi tren dunia, apa yang telah dilakukannya membuat semua orang tersadar akan pentingnya tolong menolong. Betapa penting juga untuk berani membela yang benar.

 

Kematian Albayrak

Albayrak merupakan mahasiswi asal Turki yang sedang menempuh studi di Jerman. Gadis ini mengambil jurusan keguruan di sana. Dari kabar yang beredar, kematian Albayrak bermula ketika dirinya berusaha menyelamatkan dua gadis yang sedang akan diperkosa oleh sekelompok laki-laki di toilet sebuah restoran cepat saji. Albayrak yang mendengar teriakan dua gadis itu langsung bergegas menyelamatkan mereka dengan perjuangannya. Selain terlibat adu mulut dengan tersangka, Albayrak juga sempat adu jotos dengan mereka. Dia pun berhasil menyelamatkan dua gadis yang hendak diperkosa itu. Sayangnya, malang menimpa nasibnya. Para pelaku tidak terima dan malah menganiaya Albayrak di depan restoran cepat saji, di area parkir. Dia jatuh tersungkur saat sekelompok pemuda itu melancarkan pukulan hingga mengenai kepalanya. Dia pun tidak sadarkan diri dan tidak mampu bergerak lagi di tengah kerumunan orang. Kejadian ini terjadi pada tanggal 15 November. Saat itu, Tugce Albayrak dilarikan ke rumah sakit. Setelah menjalani perawatan intensif akibat gegar otak yang dideritanya. Albayrak pun dinyatakan meninggal pada tanggal 28 November 2014 lalu. Kabar ini pun membuat keluarga Albayrak terpukul. (Lihat juga: Daftar Pemenang FFI 2014)

 

Peringatan kematian Albayrak

Aksi pahlawan yang dilakukan oleh Albayrak ini mendapatkan simpati dari warga Jerman dan dunia. Di Jerman sendiri, para warga memperingati kematian Albayrak dengan menyalakan lilin di depan restoran tempat terjadinya penganiayaan tersebut. Dengan kaos bertuliskan Seni seviyoruz dan danke Tugce, warga mengungkapkan rasa bela sungkawanya atas kematian Albayrak.

Baca juga tentang peringatan hari AIDS sedunia 2014.

 

Penghargaan untuk Albayrak

Hingga berita ini diturunkan, sebuah petisi yang ditandatangani 100 ribu orang meminta agar Albayrak mendapatkan penghargaan. Gadis Jerman yang merupakan keturunan Turki tersebut diharapkan bisa mendapatkan Order of Merit, penghargaan tertinggi dari Negara. Saat ini, penghargaan tersebut sedang dipertimbangkan oleh presiden Jerman.

Tugce Albayrak memang telah mengajarkan kepada kita tentang bagaimana cara berani dan memperjuangkan kebenaran. Sekarang, wajahnya pun menghiasi kampanye untuk lebih peduli dan berani untuk menyatakan sikap. Albayrak adalah simbol keberanian yang memperjuangkan kebenaran tanpa mempedulikan nyawanya sendiri. Selamat Jalan Albayrak, semoga Allah memberikan tempat terbaik di sisi-Nya.

Tugce Albayrak, Simbol Keberanian dan Keteguhan Moral | author | 4.5