Tok, Gugatan UU MD3 17/2014 Ditolak MK, PDIP Cari Jalan Lain Terbaru Juni 2016

Mahkamah Konstitusi hari ini akhirnya menolak seluruh gugatan UU MD3 yang dilayangkan PDIP. Namun, tidak semua gugatan uji materi di tolak, ada beberapa gugatan yang di terima yang diajukan oleh pemohon lainnya. Untuk diketahui UU Nomor 17 Tahun 2014 ini membahas tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD. Dalam revisi terbaru, dibuat sebuah aturan bahwa ketua DPR dipilih langsung oleh anggota DPR. Padahal sebelumnya, jabatan ketua secara otomatis milik pemenang pemilu DPR RI.

 

Gugatan UU MD3 Ditolak Mahkamah Konstitusi, PDIP Cari Jalan Lain Merebut Kursi Ketua DPR

Gugatan UU MD3 Ditolak MK

Gugatan UU MD3 Yang Ditolak dan Dikabulkan

Ada dua pemohon yang mengajukan uji materi UU 17/2014. Pihak pertama dari PDIP yang diwakili Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Tjahjo Kumolo beserta 4 orang lainnya. Nomor pengajuan perkara 73/PUU-XII/2014. Mereka fokus pada masalah pemilihan ketua DPR. Pihak kedua diwakili ole Khofifah Indar Parawansa dan Rieke Diah Pitaloka beserta 3 orang dan 3 badan hukum privat. Fokus gugatan perihal keberwakilan perempuan dengan nomor perkara 82/PUU-XII/2014.

 

Untuk pemohon yang pertama dalam hal ini PDIP, MK menyatakan menolak para pemohon untuk seluruhnya. MK melalui Hamdan Zoelva menyatakan bahwa perubahan tata aturan pemilihan ketua DPR tidak melanggar ketentuan konstitusi seperti yang disebut PDIP yang kehilangan hak konstitusinya sebagai pemenang Pileg. Hamdan menambahkan kalau hal ini sudah lazim dan memang memerlukan kompromi antar parpol dalam sistem presidensial.

 

Untuk pemohon kedua terkait penghapusan keterwakilan perempuan dalam UU MD3 ini dikabulkan sebagian permohonannya. Sehingga kuota 30% persen dalam wujud MD3 tetap bisa dilakukan.

 

Reaksi Koalisi Merah Putih

Sementara itu, dari kubu yang merevisi aturan UU MD3 yaitu koalisi merah putih (KMP) sudah menduga bahwa permohonan gugatan yang dilayangkan oleh PDIP akan ditolak. Sontak setelah mendengar berita ini, pihak KMP akan segera melakukan rapat yang dipimpin oleh Abu Rizal Bakrie bersama 6 partai koalisi. Rapat ini akan membahas untuk menentukan siapa yang pas menjadi ketua DPR RI.

 

PDIP Cari Cara Lain Menuju Kursi Ketua DPR RI

Tidak ingin haknya sebagai pemenang pileg untuk duduk di kursi ketua hilang begitu saja, PDIP akan melakukan sejumlah langkah terkait kekalahannya lewat jalur hukum menggugat UU MD3. Hanya saja, Hendrawan Supratiko salah seorang politisi PDI tidak menyatakan secara pasti langkah apa yang akan di ambil.

 

Langkah konkret yang diambil terkait UU MD3 ini kemungkinan besar adalah mempererat koalisi yang sudah dijalin dengan PKB, Nasdem, Hanura dan menambah koalisi lagi. Jalan untuk merangkul Demokrat bisa saja diambil karena partai berlambang mercy ini masih bersikap netral. Meskipun langkah ini sangat sulit, mengingat PDIP baru saja dikecewakan dengan aksi walk out demokrat dalam pengesahan UU Pilkada DPRD.

Tok, Gugatan UU MD3 17/2014 Ditolak MK, PDIP Cari Jalan Lain | author | 4.5