Tim Independen Jokowi Duga Ada Upaya Kriminalisasi Terhadap Pimpinan KPK Terbaru Juni 2016

tim-independen-jokowi

Anggota Tim Independen bentukan Presiden Joko Widodo yang juga seorang dekan di Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana, menduga adanya upaya untuk menggulingkan pimpinan KPK dengan cara kriminalisasi. Tim Independen Jokowi inipun sudah melayangkan rekomendasi kepada Presiden untuk menghentikan segala bentuk upaya kriminalisasi yang mungkin ditujukan oleh aparat penegak hukum manapun terhadap marwah pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Hikmahanto mengaku timnya memang tidak menemukan tanda-tanda apa pun, namun tetap mencium adanya dugaan kriminalisasi. Tim Independen menduga bahwa jajaran pimpinan KPK selain Bambang Widjojanto yang dilaporkan, tidak akan diselidiki perkaranya secara teliti berdasarkan perspektif hukum. Inilah menurutnya yang dapat menjadi akar terjadinya tindak kriminalisasi.

Menurut dekan di Universitas Indonesia ini, ia dan kedelapan anggota Tim Independen Jokowi lainnya memang mengkhawatirkan upaya kriminalisasi terhadap pimpinan KPK, mengingat satu per satu jajaran petinggi lembaga anti rasuah tersebut mulai dilaporkan ke kepolisian. Hikmahanto juga mengaku hal ini juga dapat menjadi celah terjadinya fitnah untuk mempersangkakan pimpinan KPK akan suatu perkara yang sifatnya masih prematur dan belum disertai bukti-bukti yang kuat. Apalagi, motivasi di balik pelaporan ini kerap kali hanya untuk kepentingan segelintir orang dan bukan atas keinginan untuk menegakkan supremasi hukum.

“Kalau soal salah benar memang harus dibuktikan di pengadilan, tapi kalau motivasinya bukan semata-mata hukum, dan jikalau mereka menjadi tersangka harus diberhentikan, dikeluarkan Keputusan Presiden, lalu berhenti. Namun jika dilakukan seperti ini (jabatan) akan menjadi kosong dan akan membuat Pak Jokowi kerepotan,” ujar Hikmahanto.

Namun Hikmahanto sendiri mengaku Tim Independen Jokowi belum dapat memastikan apakah langkah Polri dalam menangani kasus Bambang Widjojanto dapat dianggap sebagai kriminalisasi, karena Polri sendiri telah menunjukkan beberapa alat bukti untuk menjerat sang Wakil Ketua KPK tersebut dengan tindak pidana.

Sementara untuk kasus Budi Gunawan yang dijadikan tersangka oleh KPK, Tim Independen Jokowi menilai bahwa KPK menetapkan status tersangka kepada sang Kapolri terpilih menjelang momen pemilihannya karena lembaga anti rasuah ini sendiri baru dapat memverifikasi alat buktinya sekarang, meskipun kasus gratifikasi Budi sendiri sudah lewat beberapa tahun yang lalu.

Tim Independen Jokowi Duga Ada Upaya Kriminalisasi Terhadap Pimpinan KPK | wahyuni | 4.5