Susunan Kabinet Jokowi-JK Diumumkan Malam ini? Terbaru Juni 2016

Susunan Kabinet Jokowi-JK terus dinantikan oleh warga Indonesia. Sejak dilantiknya presiden ke-7 berikut wakil presidennya kemarin 21 Oktober 2014, pertanyaan tentang susunan kabinet yang akan membantu pemerintahan Jokowi dan JK terus didengungkan. Namun sayang, hingga kini kita harus tetap bersabar menunggu saat yang tepat bagi Jokowi untuk mengumumkan susunan kabinet barunya itu. Sebab belum ada keterangan resmi dari presiden dan wakil presiden mengenai kapan susunan kabinet baru akan diumumkan. Namun demikian, dari isu yang beredar, malam ini akan menjadi malam panjang bagi penentuan sekaligus pengumumannya. Benarkah demikian?

 

Susunan Kabinet Jokowi-JK Diumumkan Malam ini Itu Masih Kemungkinan

Susunan Kabinet Jokowi

Memang benar jika belum ada keterangan resmi yang akan menyatakan bahwa pengumuman susunan kabinet akan segera dilaksanakan. Bahkan pada hari selasa pagi tanggal 21 Oktober 2014 pun belum ada tanda kalau Jokowi akan segera mengumumkan susunan kabinet barunya. Namun, beberapa sumber yang dihimpun dari lingkungan istana menyebutkan kalau ada kemungkinan malam inilah waktu yang dipilih presiden ke-7 itu. Bahkan, sudah ada kabar kalau susunan kabinet akan diumumkan di pelabuhan Tanjung Priok yang ada di kawasan Jakarta Utara.

 

Semua masih mungkin

Pertemuan yang dilakukan oleh Jokowi dengan wakil presidennya Muhammad Jusuf Kalla hingga jelang dini hari 21 Oktober 2014 belum ada titik temu. Hal inilah yang kemudian membuat adanya spekulasi-spekulasi yang kemudian membuat kabarnya semakin simpang siur. Jusuf Kalla yang ditemui usai pertemuannya dengan Jokowi juga enggan memberikan komentar tentang kapan waktu yang dipilih oleh Jokowi untuk mengumumkan menteri-menteri yang akan mendampingi pemerintahannya nanti.

 

Namun, dalam sebuah wawancara di Mata Najwa, Jokowi mengungkapkan kalau dirinya dan JK sudah dalam tahapan akhir dan final dalam pembentukan susunan menteri. Bahkan untuk membuat susunan kabinet Jokowi yang bersih, Joko Widodo datang ke KPK dan PPATK. Kemungkinan rekomendasi dari KPK dan PPATK lah yang menjadi ganjalan dan membuat adanya perubahan dalam susunan menteri yang sudah dalam tahap akhir tersebut. Namun, Jokowi juga memastikan bahwa susunan kabinet ini akan diumumkan secepatnya.

 

Lihat juga Berita Terkini

 

Beberapa nama yang dipanggil ke Istana Merdeka

Dalam detik-detik terakhir finishing pembentukan susunan kabinet kerja jokowi, beberapa nama dipanggil dan datang ke istana Merdeka. Tiga nama yang datang tersebut antara lain;

 

  1. Chairul Tanjung atau yang akrab di sapa CT. Mantan Menko perekonomian yang menggantikan posisi Hatta Rajasa ini mengaku ada barang yang ketinggalan dan saat ditanya apakah ditawari kursi menteri, CT hanya menjawab singkat tidak. CT mengaku lebih memilih menjadi penasihat pribadi untuk presiden ke-7 ini khusus bidang perekonomian.
  2. Hendropriyono. Nama kedua ini sudah sering diperbincangkan akan menduduki kursi Menkopolhukam. Namun saat ditanya apakah dirinya akan menduduki kursi tersebut, Hendro menjawab dengan kalimat singkat, masa sudah tua jadi menteri?
  3. Ryamizard Ryacudu. Sama dengan Hendropriyono, Ryamizard Ryacudu juga merupakan jenderal (purn). Ryamizard merupakan nama yang digadang-gadang akan menduduki kursi Menteri Dalam Negeri. Ryamizard Ryacudu ini juga dikabarkan memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Megawati Soekarnoputri.

Namun demikian, susunan kabinet Jokowi masih penuh dengan misteri. Maka dari itu, mari kita tunggu saja kebenarannya dengan bersabar.

Susunan Kabinet Jokowi-JK Diumumkan Malam ini? | author | 4.5