Berita Gunung Kelud Meletus Terkini Update Terbaru Terbaru Juni 2016

Berita Letusan Gunung Kelud Terkini, akibat adanya peningkatan aktivitas vulkanik pada Kamis 13 Februari 2014 pukul 2150 WIB setelah sebelumnya pada Senin 10 Februari 2014 pukul 16.00 WIB Status Gunung Kelud dinaikkan menjadi Siaga atau level tiga dengan radius steril ditetapkan pada 5 kilometer dari kawah dengan tidak ada aktivitas warga pada radius tersebut, sebelumnya juga pada  Minggu 2 Februari 2014 Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau disingkat dengan BNPB memberikan status dari Gunung Kelud  pada level Waspada (Level II).
Update Info Gunung Kelud 28 Februari 2014

Jumat 28 Februari 2014 Status Gunung Kelud diturunkan menjadi Waspada Level II, karena dinilai adanya penurunan aktivitas. Radius pun diturunkan dari 5 Km menjadi 3 Km saja dari kawah Kelud.

Update Info Gunung Kelud 20 Februari 2014

Kamis 20 Februari 2014 oleh PVMBG Status Gunung Kelud diturunkan dari sebelumnya Awas (level IV) menjadi Status Siaga (level III). Kelud kemungkinan tidak akan meletus lagi karena setelah selama kurang lebih sepekan tidak ada gempa-gempa vulkanik dan tremor yang terjadi. pengungsi pun sudah diperbolehkan pulang walaupun harus tetap waspada.

Update Info Gunung Kelud 16 Februari 2014

Setelah beberapa hari didera debu abu vulkanik akibat letusan gunung Kelud, sekarang datang ancaman banjir lahar dingin yang mulai turun dari puncak gunung kelud.

Update Info Gunung Kelud 15 Februari 2014

Melalui siaran pers Badan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan bahwa Letusan Gunung Kelud di Jawa Timur, kemungkinan lebih besar daripada letusan gunung kelud yang sebelumnya pernah terjadi pada tahun 1990. Hal ini berdasarkan indikator berupa tinggi lontaran vulkanik mencapai 17 kilometer jauh lebih tinggi ketimbang tinggi lontaran vulkanik pada letusan tahun 1990 yang sekitar 8 kilometer.

Pagi ini warga Yogya dan sekitarnya dikejutkan oleh hujan Abu Letusan Gunung Kelud yang hampir merata di wilayahnya. Warga kaget saat terbangun melihat jalan dan atap rumah mereka sudah tertutup abu letusan gunung kelud yang letaknya sebenarnya cukup jauh yaitu di kabupaten Kediri. Korban tewas akibat letusan gunung kelud 2014 hingga hari ini berjumlah 7 orang.

Status Gunung Kelud Terkini

ilustrasi gambar foto gunung kelud meletus

Kondisi Terbaru Letusan Gunung Kelud Kediri

BNPB juga menghimbau kepada seluruh masyarakat di sekitar Gunung Kelud untuk tidak panik, karena Gunung api memiliki tahapan yaitu dari status normal kemudian menjadi status waspada, status siaga, dan status awas sesuai dengan ancamannya dan tidak akan tiba-tiba meletus. Contohnya terdapat satu gunung api berstatus awas (level IV) di Indonesia yaitu Gunung Sinabung di Sumatera Utara yang diumumkan sejak 24 November 2013.

Di Indonesia juga terdapat gunung api dengan status siaga (level III) yaitu Gunung Rokatenda, Gunung Karangetang, dan Gunung Lokon. Keadaan Status Gunung Kelud menurut catatan BNPB pernah meletus yaitu pada tahun 1901, tahun 1919, tahun 1951, 1966, serta pada tahun 1990. Lihat juga berita Status Gunung Slamet dan Kondisi Gunung Merapi Terkini serta Asmirandah Pindah Agama.

Berita Gunung Kelud Meletus Terkini Update Terbaru | bill_gates | 4.5