Siapa Bartolomeo Cristofori Google Doodle Hari Ini Terbaru Juni 2016

Siapa Bartolomeo Cristofori Google Doodle Hari Ini, Setelah sempat merilis Ki Hajar Dewantara, kini Google Doodle kembali meluncurkan sebuah tema yang cukup menarik dan terlihat di layar utama pencarian tersebut dengan gambar seorang yang memainkan piano. Google Doodle memang sedang memperingati lahirnya penemu piano bernama Bartolomeo Cristofori. Tak hanya fitur tersebut, namun berbagai artikel pun kini membahas tentang sejarah dari Cristofori.

Cara Kerja Fitur Google, Doodle Siapa Bartolomeo Cristofori Google Doodle Hari Ini

Jika sebelumnya kita melihat Hari Bumi ataupun Ki Hajar Dewantara, maka kali ini Google Doodle punya cara yang berbeda untuk memperingati hari lahirnya Bartolomeo Cristofori. Google menampilkan layar depan yang bisa Anda klik. Secara otomatis, Google akan memainkan irama alat musik piano berikut cara kerja dari piano tersebut. Sistem yang diperagakan Google pun bisa diubah volumenya sehingga suara akan bisa terdengar lebih kencang. Hal ini tentu akan sungguh menarik jika kita mencobanya. Selain lebih mengenal sosok penemu piano tersebut, kita pun bisa mendengarkan salah satu alunan nada dari piano yang menjadi ciptaannya.

Siapa Bartolomeo Cristofori Google Doodle Hari Ini

Sejarah Penemuan Piano

Pada awalnya, Bartolomeo Cristofori hanya menciptakan instrumen Harpsichord dan Clavichord untuk seorang pangeran dari anak adipati Tuscany bernama Pangeran Ferdinando de Medici. Dari pertunjukannya tersebut, ia tidak menyangka bahwa penemuan tersebut bisa tercipta alat bernama piano.

Berbagai tali halus dari Harpsichord dibuat untuk membuat volume yang bervariasi dan pada akhirnya ia mampu membuat sebuah mekanisme untuk mentransfer alat yang bisa ditekan untuk membunyikan tali halus tersebut. Perkembangan piano pun semakin matang pada tahun 1690 dan pada tahun 1709, sebuah alat pun terciptakan dengan nama awal Gravecembalo col piano e forte yang memiliki arti tali dengan suara pelan dan keras.

Namun seiring perkembangannya, masyarakat lebih memiliki menggunakan nama Pianoforte dan akhirnya mereka menyebut dengan singkatan bernama piano.

Banyak yang telah mencoba konsep seperti yang dilakukan oleh Bartolomeo Cristofori, namun hanya ia yang berhasil membuat penemuan tersebut menjadi konsep yang matang.

Penemuannya tersebut pada awalnya dirasa susah dan membutuhkan sebuah bakat khusus. Namun seiring waktu, instrument tersebut menjadi popular terutama di tahun 1731 dan menjadi sebuah alat musik yang berkelas.

Bartolomeo Cristofori pada tanggal 4 Mei akhirnya kini bisa dirayakan oleh semua masyarakat lewat Google Doodle.

Siapa Bartolomeo Cristofori Google Doodle Hari Ini | bill_gates | 4.5