#ShameOnYouSBY Untuk RUU Pilkada DPRD Tembus 250ribu Tweet Terbaru Juni 2016

Hashtag #ShameOnYouSBY sampai saat ini masih menjadi trending topic twitter. Ini terjadi akibat sikap anggota DPR RI Partai Demokrat yang walk out saat voting RUU Pilkada. Padahal sebelumnya, partai demokrat sudah mengajukan 10 syarat untuk mendukung pilkada langsung dan sudah didukung oleh fraksi PKB PDIP Hanura. Sayangnya, saat injury time, mereka malah memilih keluar ruangan. Inilah yang memunculkan kekecewaan para rakyat Indonesia di dengan mentweet #ShameOnYouSBY

 

Hashtag #ShameOnYouSBY Tembus 250ribu Tweet akibat Demokrat Walkout Saat Voting RUU

#ShameOnYouSBY

Anggota DPR Demokrat Pilih walk out tapi SBY Kecewa

Setelah mendapatkan berita hasil voting RUU Pilkada di DPR RI, SBY selaku Presiden RI menyatakan kekecewaannya karena point di dalam rancangan undang-undang ini yakni pemilihan kepala daerah yang dilakukan secara langsung. Padahal sebelumnya lewat pers SBY menyatakan mendukung pilkada dilaksanakan langsung dan dipilih oleh rakyat.

 

Sayangnya, sikap kekecewaan ini jelas berbanding terbalik jika melihat posisinya sebagai ketua umum Partai Demokrat. Para anggota DPR RI dari demokrat lebih memilih walk out alias netral tidak memilih saat diadakan voting akhir. Pantas saja, rakyat yang gemar bermain di media sosial menjadi lebih agresif dengan menulsi tweet #ShameOnYouSBY sampai menjadi trending topic di Indonesia dan bahkan menembus dunia. Terakhir jumlah hashtag ini sudah tembus 250 ribu dan mungkin akan terus bertambah menunggu sikap SBY.

 

Daftar Voting Anggota DPR RI Pro dan Kontra RUU

Berikut ini daftar anggota yang ikut voting DPR RI. Total yang ikut voting = 361 Orang.

Setuju Pilkada DPRD = 226 Setuju Pilkada Lansgung = 135
DPR RI yang pro Pilkada DPRDGerindra = 22

PKS = 55

PAN = 44

PPP = 32

Golkar = 73

DPR RI yang pro Pilkada LangsungPDIP = 88

PKB = 20

Hanura = 10

Golkar = 11

Demokrat = 6

 

Masyarakat Berencana Gugat ke MK

Sesaat setelah selesai voting yang dilakukan sampai larut malam ini, media sosial twitter selain ramai dengan #ShameOnYouSBY juga ramai dengan tweet untuk menggugat ke MK. Beberapa tweet malah menyebutkan Hamdan Zoelva karena ingin melihat aksi ketua Mahkamah Konstitusi yang tampan ini.

 

Jika memang benar akan menggugat RUU ini ke MK, bisa jadi ini akan menjadi rekor terbaru karena jumlah penggugatnya sangat banyak. Alasannya, hak konstitusional warga yang dihilangkan untuk memilih langsung. Jadi setiap orang yang setuju pilkada langsung dan merasa setelah UU ini disahkan hak memilihnya hilang, bisa ikut mengajukan gugatan ke MK.

Baca juga

 

RUU Pilkada Belum 100% Sah

Perlu diketahui juga bahwa RUU ini sebenarnya juga belum 100% sah. Pasalnya, dalam UUD 45 disebutkan bahwa UU itu menjadi sah bila disetujui oleh DPR dan Presiden RI. Artinya, kalau kabar rasa kecewa SBY ini dinyatakan dalam ketidaksetujuannya menandatangani RUU Pilkada, maka sia-sia belaka voting yang dilakukan oleh DPR RI. Semoga saja #ShameOnYouSBY berubah menjadi #ProudOfYouSBY.

#ShameOnYouSBY Untuk RUU Pilkada DPRD Tembus 250ribu Tweet | author | 4.5