Semangat Sumpah Pemuda dan Semangat Kabinet Kerja Jokowi JK Terbaru Juni 2016

Besok, 28 Oktober 2014 merupakan hari diperingatinya hari Sumpah Pemuda. Hari di mana 86 tahun lalu di tanggal yang sama dibacakan sebuah sumpah oleh muda-mudi Indonesia. Semangat hari itu masih terasa hingga sekarang, apalagi kemarin presiden RI Joko Widodo bersama dengan wakil presiden JK telah mengumumkan susunan kabinet kerja mereka yang diisi oleh banyak orang dari kalangan profesional. Tentulah semangat kerja para menteri ini harus tak kalah berkobar dari pada semangat yang pernah dikumandangkan dalam bentuk sumpah oleh pemuda dan pemudi pada tahun 86 tahun lalu itu.

 

Sumpah Pemuda dan Sumpah untuk Bekerja dari Para Menteri Kabinet Kerja Jokowi JK

Semangat Sumpah Pemuda dan Semangat Kabinet Kerja Jokowi JK

 

Isi, makna, dan peserta yang hadir

Pada tanggal 27 dan 28 Oktober, tahun 1928 dilaksanakan sebuah kongres di Batavia dan Jakarta. Hari kedua atau tepat pada tanggal 28 Oktober 1928 di Jakarta, diikrarkanlah sebuah janji oleh para pemuda yang hadir di sana. Ikrar tersebut dikenal sebagai Ikrar Sumpah Pemuda dan isinya adalah;

 

Nomor Isi
Satoe  (satu) Kami Poetra dan Poetri Indonesia mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah air Indonesia (Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia)
Doea (dua) Kami Poetra dan Poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia (Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia)
Tiga (tiga) Kami Poetra dan Poetri Indonesia menjoenjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia (Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia)

 

Rumusan kongres pemuda tersebut ditulis oleh Moh. Yamin dalam secarik kertas dibacakan oleh Soegondo. Setelah dibacakan oleh Soegondo, Moh. Yamin kembali menjelaskan secara panjang lebar tentang isi dari sumpah pemuda tersebut.

 

Dalam kongres ini, Soegondo bertindak sebagai ketua Panitia sementara Moh. Yamin menjadi sekretaris. Sedangkan untuk peserta panitia lainnya adalah Jong Java (RM Djoko Marsaid), Amir Sjarifuddin, Senduk, Johanes Leimena, Djohan Mohammad Tjai, dan yang lainnya termasuk puluhan peserta kongres baik lelaki maupun perempuan. Mereka yang hadir dalam kongres merupakan orang-orang terbaik yang menjadi wakil dari daerah masing-masing. Sehingga tidak heran jika ikrar ini menjadi tonggak bersejarah dalam kemerdekaan negara republik Indonesia. Di mana kongres ini juga semakin menegaskan perjuangan pemuda untuk kemerdekaan bangsa ini.

 

Lihat juga :

 

Kabinet Jokowi, nama baru langsung trending topic

Menilik berita dan kejadian kemarin sore saat Jokowi mengumumkan kabinet kerjanya di halaman Istana, muncul nama-nama baru yang sebelumnya tidak diprediksi ternyata muncul. Mereka yang menjadi menteri juga merupakan orang-orang hebat wakil dari daerah masing-masing. Asal dari menteri tersebut bahkan meluas hingga Papua. Dengan nama Yohana Yembise sebagai menteri pertama perempuan yang berasal dari tanah Papua. Yohana mengemban amanah rakyat sebagai menteri pemberdayaan perempuan dan anak.

 

Membawa semangat sumpah pemuda yang kental maknanya, para menteri kabinet kerja ini diharapkan dapat bekerja dan membawa negeri ini ke arah yang lebih baik.

Semangat Sumpah Pemuda dan Semangat Kabinet Kerja Jokowi JK | author | 4.5