Sejarah dan Ucapan Hari Ayah Nasional Terbaru Juni 2016

Hari Ayah Nasional diperingati pada hari ini, 12 November 2014. Sebagian besar negara di dunia juga ada yang merayakannya setiap tanggal 12 November. Meski sebagian besar negara di dunia sudah memperingati hari ayah sejak puluhan tahun lamanya. Indonesia justru baru mulai memperingati hari ayah pada tahun 2006 lalu. Namun, bukan kaum ayah yang memprakarsai adanya peringatan hari ayah ini. Justru kaum ibulah yang memprakarsai adanya peringatan hari ayah setiap tahun pada tanggal 12 November. Namun demikian, meski sudah 8 tahun lamanya diperingati, hari ayah masih kurang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Masih kalah dengan peringatan hari ibu yang sudah melekat di hati masyarakat pada tanggal 22 Desember, setiap tahunnya.

 

Sejarah lahirnya hari ayah nasional dan kata ucapannya

Sejarah dan Ucapan Hari Ayah Nasional

Sejarah adanya hari ayah di Indonesia

Sudah disebutkan di atas kalau hari ayah diprakarsai oleh ibu-ibu, bukan kaum ayah. Kaum ibu yang berada di bawah organisasi PPIP atau Perkumpulan Pura Ibu Pertiwi lah yang memiliki ide untuk memperingati hari ayah di Indonesia. Meski dunia sudah memperingatinya dalam waktu yang lama, tidak terlambat jika Indonesia baru memperingatinya sekarang. Apalagi, tidak hanya ibu yang berjasa pada seorang anak. Ayah juga memiliki jasa yang sangat besar dan harus mendapatkan perhatian dari putra-putrinya. Jika di hari ibu, anak-anak mengirimkan bunga dan atau mengajak makan malam, di hari ayah pun, orang tua lelaki ini akan menjadi spesial.

 

Deklarasi hari ayah di Indonesia dilakukan oleh PPIP di Pendapa Gede Balai Kota Solo. Dengan adanya hari ayah, keluarga khususnya orang tua menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Tidak ada mantan ayah, dan tidak ada juga mantan ibu. Semuanya menjadi satu. Maka dari itu, selain mendeklarasikan hari ayah Nasional di Solo, PPIP juga melakukan deklarasi hari ayah untuk Indonesia ini di Maumere, Flores, NTT. Dua deklarasi ini dilakukan pada jam dan tanggal yang sama. PPIP sendiri merupakan komunitas komunikasi lintas agama. Sebagai motor penggerak, tampaknya PPIP sudah cukup berhasil. Sebab di tahun ke-8 nya, hari ayah sudah mulai dikenal oleh masyarakat.

Baca juga:

 

Ucapan dari anak dan hadiah dari google

Peringatan hari ayah ini tidak hanya diperingati oleh anak kepada ayahnya saja. Hari ini google juga turut memeriahkan peringatan dunia ini lewat tampilan google doodle. Jika Anda membuka halaman awal google, maka akan ada seorang ayah yang sedang bermain dan menghibur dua anaknya. Berada di tengah, keluarga kecil ini terlihat sangat berbahagia.

 

Untuk mengucapkan selamat hari ayah kepada orang tua, Anda bisa menggunakan banyak cara, salah satunya adalah dengan memberikan puisi kepada ayahnya. Atau Anda bisa memasakkan makanan kesukaannya dan memperlihatkan kasih sayang yang tiada kiranya di hari itu. Jadi, selamat hari ayah Nasional.

Sejarah dan Ucapan Hari Ayah Nasional | author | 4.5