Sebut Rakyat Tak Jelas, Netizen Ramai Kritik Menkopolhukam Terbaru Juni 2016

rakyat-tak-jelas-menteri-tedjo

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Hak Asasi Manusia Tedjo Edhy Purdjiatno mendapat reaksi keras dari publik dunia maya Indonesia akibat pernyataannya yang mendiskreditkan pendukung KPK.

Dalam sebuah pernyataan kepada awak media, Tedjo menyebutkan bahwa pimpinan KPK bersikap kekanak-kanakan karena menggerakkan massa dengan mengatasnamakan rakyat dalam polemik yang melanda Polri dan KPK.

“Jangan membakar-bakar massa, mengajak rakyat, ayo rakyat, enggak boleh begitu. Itu suatu pernyataan sikap yang kekanak-kanakan. Berdiri sendiri, kuat dia. Dia akan didukung, konstitusi mendukung. Bukan dukungan rakyat yang enggak jelas itu, konstitusi yang mendukung,” demikian kutipan pernyataan dari Tedjo. Hal inilah yang kemudian membuat netizen geram. Ada yang melampiaskan kekesalannya dengan menggubah konten parodi (meme) dengan topik ‘rakyat tak jelas’, namun ada pula yang langsung bereaksi dengan menulis di jejaring sosial bahwa Tedjo layak untuk dipecat karena tidak menunjukkan kompetensinya sebagai seorang menteri.

Kemudian, menanggapi reaksi negatif dari publik atas ucapan yang terlontar dari mulutnya, Tedjo pun akhirnya muncul kembali dengan pernyataan berbeda. “Jangan ada gesekan Polri dan KPK, selesaikan semua masalah sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, selamatkan KPK dan Polri. Seharusnya tidak perlu lagi ada pengerahan massa yang mengatas namakan rakyat. Rakyat yang mana, tidak jelas, karena ada juga yang menyatakan dukungan pada Polri. Bersikaplah dewasa, dan bersikap cooling down (dingin). Kita hormati hukum yang ada. Presiden punya komitmen tinggi untuk memberantas korupsi,” kata Tedjo dalam pernyataan pers hari Minggu (25/1/2015) kemarin.

Sementara itu, ucapan Tedjo sendiri ternyata ikut menuai kecaman dari berbagai tokoh. Politisi PDI Perjuangan, Dwi Ria Latifa memperingatkan Tedjo untuk berhati-hati dalam mengeluarkan pernyataan sebagai pejabat negara. Ia pun mengatakan bahwa tidak ada yang dinamakan rakyat tak jelas.

Direktur Cyrus Network, Hasan Nasbi Batupahat, menilai pernyataan Tedjo juga secara implisit menyudutkan Jokowi, dan menyiratkan situasi dimana Jokowi hanya bekerja sendirian tanpa sokongan para pejabatnya. “Yang sekarang sendirian itu Jokowi. Jokowi tanpa bantuan di kabinetnya. Lihat, orang-orang di kabinet ngomong sembarangan,” ujar Hasan.

Sebut Rakyat Tak Jelas, Netizen Ramai Kritik Menkopolhukam | wahyuni | 4.5