Robot Philae Sukses Mendarat di Komet Terbaru Juni 2016

Robot Philae menjadi salah satu bentuk kemajuan peradaban manusia yang pastinya akan diakui oleh dunia. Robot ini telah mencatatkan diri dalam sejarah antariksa dunia karena berhasil mendarat di komet 67P. Keberhasilan philae dalam mencapai komet disambut antusias dan bahagia tidak hanya oleh ESA selaku pemrakarsa, tetapi google juga turut merayakan keberhasilan ini dengan menampilkannya di doodle. Bagaimana kisah dan berita lengkapnya?

 

Pendaratan Robot Philae Menjadi Langkah Besar Peradaban Manusia

Robot Philae Sukses Mendarat di Komet

Detik-detik pendaratan Philae

Pendaratan Philae dapat disaksikan secara langsung oleh warga di seluruh dunia. Semua hal dilaporkan secara langsung lewat media sosial twitter. Detik-detik pendaratan robot ini pun terekam dengan baik dari dunia maya. Bahkan, foto 3 kilometer sebelum pendaratan pun dilaporkan secara gamblang. Sebagaimana diketahui, philae mendarat ke sebuah komet yang disinyalir sangat berguna bagi bumi.

Foto awal yang diunggah memang masih agak buram. Foto ini menjadi tanda kalau philae sudah terpisah dengan Rosetta, pesawat ruang angkasa yang membawanya. Setelah foto ini diunggah, Philae menuju sendirian ke komet yang memang sedang ditujunya. Pesawat Rosetta juga sempat mengambil gambar Philae yang menjauh dari pesawat induknya dan menuju ke tubuh komet. Selanjutnya, foto-foto terdekat dengan komet diunggah oleh Philae. Gambar 3 kilometer sebelum pendaratan memperlihatkan tubuh komet yang tampak indah dan luar biasa. Setelah foto 3 kilometer itu, Philae memperlihatkan foto dan visualisasi dari komet saat dirinya benar-benar mendarat di komet 67P/Churyumov-Gerasimenko.

 

Sudah dirintis satu dekade

Keberhasilan robot philae di komet ini bukan tanpa alasan. Sudah selama 1 dekade ESA menggarap proyek besar ini. Dan saat ini dapat diwujudkan, tentu saja semua merasa bahagia, paling khusus ESA atau European Space Agency. Gebrakan lain yang diberikan oleh ESA adalah report langsung melalui akun twiter @Philae2014 yang langsung dilaporkan dari tubuh komet. Sudah bisa dipastikan, ini akan dicatatkan dalam sejarah dunia. Namun yang menarik, akun twitter Philae ini dibuat pada tahun 2010 lalu. Itu menandakan bahwa meskipun sudah mulai dikerjakan selama 1 dekade, pihak ESA juga sudah mempersiapkan cara reportingnya 4 tahun yang lalu. Lewat akun twitternya, robot ini seolah menjadi manusia yang mampu memberikan curhatan dan melakukan report dengan sangat detail dan mengagumkan.

 

Google ikut merayakannya

Google melalui doodle sebelumnya juga ikut merayakan hari ayah, sekarang juga turut merayakan pendaratan Philae di komet ini. Jika Anda membuka halaman pertama google, maka Anda akan melihat gambar pesawat ruang angkasa. Warna google pun berubah hitam dengan paduan warna biru. Apresiasi dari google ini juga sekalian mencatatkan philae dalam sejarah dunia keilmuan Sains dan Teknologi. Ini menjadi sebuah gebrakan baru secara ilmiah.

Lantas, bagaimana pendapat Anda tentang robot philae ini? Semoga peristiwa dan kemajuan-kemajuan lain juga bisa diwujudkan di masa yang akan datang.

Robot Philae Sukses Mendarat di Komet | author | 4.5