Resmi, Jokowi Menang Pilpres 2014 Terbaru Juni 2016

Jokowi menang Pilpres 2014 telah resmi diumumkan oleh KPU pada 22 Juli 2014 kemarin. Setelah dilakukan rekapitulasi dari 33 provinsi dari Sabang hingga Merauke ditambah dari luar negeri, ketua KPU Husni Kamil Manik menyatakan pasangan capres nomor urut 2 resmi menjadi presiden ke-7 Indonesia. Jokowi mendapat dukungan suara rakyat sebesar 70.997.883 (53,15%) sementara lawannya Prabowo mendapat 62.576.444 (46,85%). Selisih dukungan dua calon presiden tersebut mencapai 8.421.389 (6,3%).

Hiruk-Pikuk Paska Jokowi Menang Pilpres 2014

Resmi, Jokowi Menang Pilpres 2014

Kemenangan pasangan calon presiden nomor 2 ini disambut dengan suka ria oleh semua kalangan. Para pendukung Jokowi-JK ada yang rela memangkas gundul rambutnya hanya untuk merayakan kemenangan calon presiden yang didukung. Di samping itu, kemenangan Jokowi dalam Pilpres kali ini juga mendapat perhatian dunia internasional.

Ucapan Selamat Kepada Jokowi

Tidak lama setelah diumumkannya berita pemenang Pilpres 2014 ini, Jokowi langsung mendapat ucapan selamat dari orang-orang besar baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Presiden Susilo Bambang Yudhonono menjadi orang pertama yang menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi. Ucapan tersebut disampaikan melalui telepon. Kemudian pada pukul 11.00 WIB, 23 Juli 2014, presiden Barrack Obama juga ikut memberikan kata selamat untuk kemenangan Jokowi. Dalam komunikasinya, Jokowi mengungkapkan bahwa presiden Amerika Serikat tersebut ingin memperkuat hubungan antara Amerika dan Indonesia.

Selain 2 presiden di atas, ucapan selamat juga disampaikan oleh Mohammad Najib Tun Rajak (Perdana Menteri Malaysia), John Kerry (Menteri Luar Negeri Amerika Serikat),  Manuel Barosso (Presiden Komisi Eropa), Tony Abbot (Perdana Menteri Australia), John Baird (Perdana Menteri Kanada).

Berita Internasional Tentang Jokowi

Bukan hanya ucapan selamat, Jokowi menang Pilpres 2014 juga menjadi soroton media di seluruh dunia. Dalam sebuah tulisan berita di media Australia, Jokowi diberitakan sebagai tukang mebel yang berhasil menjadi presiden Indonesia. Dalam tulisan yang bisa diakses di website New.com.au tersebut mengatakan, fenomena Pilpres 2014 di Indonesia ini sangat luar biasa. New York Times juga mengabarkan Jokowi adalah anak dari desa pedalaman yang sukses menjadi presiden. Selain 2 media internasional tersebut, situs News Vice, Guardian, Euro News juga ikut beramai-ramai mengabarkan kemenangan Jokowi dalam beritanya.

Itulah tadi berbagai reaksi menyikapi kemenangan Jokowi dalam pemilihan presiden 2014. Jokowi sampai sekarang masih resmi menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta. Sebelum dilakukan pelantikan menjadi presiden pada 10 Oktober 2014, Jokowi ingin pulang ke rumahnya di Solo untuk merayakan hari lebaran bersama keluarga. Jokowi baru akan mengajukan surat pengunduran dari jabatan gubernur setelah lebaran usai. Setelah proses pengunduran diri dan pelantikan, maka Jokowi benar-benar resmi menjadi pemimpin Indonesia selama 5 tahun ke depan, sampai 2019. Semoga Jokowi menang Pilpres 2014 ini mampu membawa perubahan yang baik untuk Indonesia sebagaimana yang telah dijanjikan semasa kampanye.

Resmi, Jokowi Menang Pilpres 2014 | author | 4.5