Polri Akan Segera Cek “Black Dollar” Di Lab Forensik Terbaru Juni 2016

Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti menyebutkan bahwa keaslian dari uang palsu yang dimiliki TNI Angkatan Laut “black dollar” akan segera di periksa. Ditemukan di rumah kediaman Mayor Laut Zaid Joko Utomo.

Badrodin menyebutkan bahwa jika mengacu pada nomor seri uang, bisa dikatakan itu adalah uang palsu.

Polri Akan Segera Cek “Black Dollar” Di Lab Forensik
black dollar

Zaid telah ditangkan oleh POM AL pada 4 Maret lalu karena kasus narkoba. Pada saat penggeledahan oleh pihak bersangkutan ternyata di kediamannya terdapat 69 ribu uaang dollar palsu “black dollar” dengan peachan US$ 100.

“Melihat nomor seri memang diindikasikan palsu. Tapi harus melakukan uji cek di lab untuk kepastiannya,” penjelasan Badrodin, Jumat (13/03).

Diduga Mayor Zaid memiliki keterlibatan dengan warga asala Bali, I Made Gede Markadiwan dan Srianin. Jenderal TNO Moeldoko menyebutkan bahwa kedua warga tersebut akan segera ditangkap oleh Bareskrim Polri untuk mengadakan penyelidikan.

Meneruskan penjelasan dari Badrodin, uang dollar palsu ini dilapisi oleh pewarna hitam. Sehingga perlu menggunakan cairan khusus untuk membersihkannya.

Kepemilikan dari uang dollar palsu itu masih diselidiki. Namun kabar terbaru menyebutkan bahwa uang yang ditemukan di kediaman Zaid adalah titipan dari kedua warga asal Bali.

Kegunaan dari lapisan hitam yang ada adalah untuk mengelabui pemeriksaan di bandara. Jika uang dicuci dengan cairan khusus maka warnanya akan kembali normal. Modus penipuan uang dollar palsu ini adalah menumpuknya dengan dollar asli sehingga penerima akan menyangka uang yang bertumpuk tersebut asli.

Baca : Haryanto Taslam Kritis Karena Masalah Jantung

Polri Akan Segera Cek “Black Dollar” Di Lab Forensik | dewi larasati | 4.5