Pernyataan Effendi Simbolon Dinilai Memperkeruh Polemik Polri vs KPK Terbaru Juni 2016

pernyataan-effendi-simbolon-soal-pemakzulan-jokowi

Hasto Kristiyanto, Pelaksana tugas Sekjen PDI Perjuangan yang pada beberapa waktu yang lalu sempat membeberkan perihal pertemuan Abraham Samad dengan elite politik PDI Perjuangan pada saat masa pencalonan presiden dan wakil presiden tahun lalu, menyesalkan pernyataan politisi PDI Perjuangan Effendi Simbolon yang dinilainya hanya akan memperkeruh suasana.

“PDI Perjuangan menyadari bahwa sebagai presiden pilihan rakyat, PDI Perjuangan konsisten memastikan pemerintahan (Joko Widodo) berjalan sesuai dengan kehendak rakyat, yakni lima tahun. Itulah sistem politik yang kita anut,” ujar Hasto dalam pernyataannya kepada pers Senin (26/1/2015) malam.

Ia menilai bahwa seharusnya semua pihak termasuk dari internal partai PDI Perjuangan sendiri tetap bersikap tenang dalam menyikap polemik yang sedang melanda percaturan perpolitikan Indonesia saat ini.

Hasto mengingatkan bahwa untuk mengelola negara yang sedemikian besar butuh cara berpikir, bertindak, dan berucap yang benar dan hati-hati, serta tidak diperkenankan untuk berlaku secara emosional layaknya seorang anak remaja yang baru saja belajar mengelola kekuasaan.

“Biarlah supremasi hukum yang berbicara dan menegakkan kebenaran, serta menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas segalanya,” kata Hasto.

Pernyataan Hasto Kristiyanto ini adalah sebagai respon dari opini Effendi Simbolon dalam diskusi terbuka 100 hari pemerintahan Jokowi-Kalla di Jakarta, Senin kemarin.

“Siapa pun yang punya peluang menjatuhkan Jokowi, sekarang saatnya, karena begitu banyak celah dan mudah-mudahan kedua-duanya jatuh,” demikian pernyataan Effendi Simbolon dalan menyikapi pemerintahan Jokowi yang kini sudah berjalan selama hampir 100 hari. Ia mengkritisi sikap Jokowi yang dianggapnya sama sekali tidak mencerminkan ketegasan dari seorang kepala negara kala menanggapi polemik yang terjadi diantara KPK dan Polri.

Dalam diskusi tersebut, terdapat pula pernyataan Effendi Simbolon yang mengatakan bahwa demonstrasi yang dilakukan oleh Hasto Kristiyanto untuk menjelaskan keterlibatan Abraham Samad dalam lobi politik untuk menjadi wakil Jokowi ketika maju dalam Pilpres 2014 kemarin adalah sesuatu yang berbahaya.

“Hasto ini kan lagi berjuang. Taruhannya itu nyawa, dia berani ungkap pertemuan ketua lembaga yang sangat dipercaya publik,” ujar Effendi.

Pernyataan Effendi Simbolon Dinilai Memperkeruh Polemik Polri vs KPK | wahyuni | 4.5