Permintaan Budi Gunawan Mundur Oleh Istana Ditolak Terbaru Juni 2016

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan pihak Istana Presiden sejatinya sudah beberapa kali melayangkan permohonan agar Komisaris Jenderal Budi Gunawan mundur dari pencalonannya sebagai Kapolri. Bahkan Presiden Joko Widodo sendiri pun sudah mengajukan hal ini.

budi-gunawan-mundur-ditolak

Jokowi yang sedang berada dalam posisi terjepit memang nampaknya melihat opsi mundurnya Budi Gunawan sebagai langkah yang paling ideal untuk menyudahi polemik diantara Polri dan KPK serta tekanan dari partai pendukungnya.

Andi sendiri mengaku bahwa permintaan dari Istana ini sudah beberapa kali disampaikan sejak saat ditetapkannya status tersangka pada mantan ajudan Presiden di era Megawati Soekarnoputri ini.

Pelaksana tugas Kapolri sekaligus Wakapolri saat ini, Komisaris Jenderal Badrodin Haiti mengatakan bahwa pihak Istana melalui Menteri Sekretaris Negara, Pratikno sudah mengimbau Budi Gunawan mundur. Namun yang bersangkutan tetap bersikeras untuk menunggu proses pra-peradilan yang ia layangkan atas KPK. Komjen Badrodin Haiti sendiri hari Selasa yang lalu dipanggil ke Istana oleh Presiden untuk membahas mengenai hal ini.

Meski opsi pemunduran Budi Gunawan sebagai Kapolri dianggap yang paling ideal, namun menurut Andi Widjajanto, Presiden sudah menyiapkan beberapa pilihan alternatif. “Kalau opsi itu tidak berhasil, maka kami akan mempersiapkan opsi lain sesuai apa yang diinginkan oleh Presiden,” ujar Andi. Diantara pilihan yang bisa diambil adalah melantik Kapolri secara definitif, tetap melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri lalu memberhentikannya, menunda pelantikan Budi Gunawan hingga ada kejelasan status hukum, membatalkan pencalonan Budi Gunawan dan memilih alternatif calon lain, atau yang paling buruk, mengadakan status quo.

Sementara itu, Pratikno sendiri menganggap jika Budi Gunawan mundur secara lapang dada dari pencalonannya sebagai Kapolri, maka polemik diantara KPK dan Polri akan mereda. Sementara itu, yang bersangkutan masih bersikeras untuk menunggu proses praperadilan yang ia ajukan melawan KPK, sebelum menentukan sikap.

Pembacaan putusan atas gugatan yang dilayangkan oleh Budi Gunawan sendiri akan dilaksanakan pada hari Kamis, (13/2/2015) mendatang. Pada minggu yang sama, Presiden Joko Widodo juga akan menetapkan keputusannya mengenai pergantian Kapolri.

Permintaan Budi Gunawan Mundur Oleh Istana Ditolak | wahyuni | 4.5