Penyebab dan Kronologi Bentrok TNI Vs Polri, 1 Tewas Terbaru Juni 2016

Bentrok TNI Vs Polri kembali terjadi di Indonesia. Kali ini, lokasinya berada di Mako Brimob Polda Kepulauan Riau. Peristiwa yang terjadi ini tentu mencoreng nama besar kedua institusi. Nama pimpinan institusi dan bahkan Menkopolhukam pun ikut turun tangan guna mendamaikan keduanya dan mencari solusi agar hal yang sama tidak terulang di masa yang akan datang. Saat berita ini diturunkan, dipastikan ada satu korban tewas atas perang saudara yang terjadi dari Rabu sore (19 November 2014) hingga Kamis (20 November 2014) dini hari itu. Bagaimana kronologi dan apa penyebabnya?

 

Satu Korban Tewas dalam Bentrok TNI Vs Polri, Wagub Kepulauan Riau Terjebak Baku Tembak

Penyebab dan Kronologi Bentrok TNI Vs Polri

Peristiwa ini memang cukup memalukan, mengingat apa yang terjadi di Mako Brimob Batam ini menjadi salah satu perang saudara yang sangat disesalkan. TNI dan Polri yang sejatinya harus saling tolong menolong untuk melindungi rakyat Indonesia, mengayomi negeri ini dan mencintai sesama saudara justru malah memberi contoh yang kurang baik dengan saling bentrok dan membunuh satu sama lain. Keamanan yang harusnya diciptakan justru malah dicoreng dan tidak dilakukan. Beruntung tidak ada warga sipil yang menjadi korban bentrokan, jika itu terjadi, mungkin rasa aman atas negerinya sendiri sudah tidak bisa dirasakan oleh rakyat Indonesia. Kepercayaan rakyat kepada institusi hukum ini sudah tidak bisa dipegang lagi.

 

Penyebab bentrok

Tidak ada yang tahu pasti mengenai sebab bentrok antara TNI dengan Polri yang terjadi sepanjang malam dari sore hingga pagi hari itu. Namun, sejumlah media mengabarkan kalau sebabnya hanya masalah saling lirik dan adu pandang antara Yonif 134 Tuah Sakti TNI AD dengan anggota Brimob. Jika masalahnya hanya antar personal anggota, mengapa harus institusi yang turun tangan? Dan mengapa pula harus terjadi tembakan yang akhirnya mengakibatkan sejumlah kerusakan? Atau mengapa harus memakai peluru yang pembeliannya menggunakan pajak rakyat?

 

Mediator bentrokan

Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Soerya Respationo langsung datang ke Mako Brimob Kepri saat mendengar kabar bentrok TNI Vs Polri ini. Wagub sempat berada di dalam Mako dan terjebak di sana. Sementara suara tembakan ke arah Mako Brimob terus saja terdengar. Hingga akhirnya, Wagub diantar dengan barracuda demi keselamatannya. Dalam keterangannya, Wagub mengungkapkan kalau ini hanya masalah kurangnya komunikasi. Ke depannya, akan dibangun pos bersama antara Brimob dan TNI yang akan membantu membangun komunikasi antara keduanya. Nantinya bisa diisi dengan acara dangdut atau yang lainnya guna memperbaiki kekompakan.

Simak juga

 

Korban tewas dan barak yang terbakar

Dalam insiden bentrok TNI Vs Polri ini dipastikan ada 1 korban tewas yakni Praka Joni. Pada jam 4 pagi, keluarga Praka Joni ditelepon dan mendengar kabar atas tewasnya prajurit tersebut. Sementara itu, pada rabu 19 November 2014, barak teratai milik Brimob terbakar dengan penyebab yang belum diketahui.

Penyebab dan Kronologi Bentrok TNI Vs Polri, 1 Tewas | author | 4.5