Pemerintah Tetapkan Hari Idul Adha 1435 H 5 Oktober 2014 Terbaru Juni 2016

Hari raya Idul Adha 1435 H yang jatuh pada 10 Dzulhijjah sebentar lagi akan tiba. Seperti biasa, di Indonesia selalu ada diskusi hebat terkait penetapan tanggal masehi. Ada versi pemerintah, versi Muhammadiyah, dan versi lainnya dari jamaah dan aliran yang sangat beragam di nusantara. Kadang, golongan-golongan ini secara kebetulan menetapkan hari yang bersamaan, tapi juga sering penetapannya berbeda. Penyebab utamanya adalah perbedaan metode penetapan yang dipakai oleh para ulama yang menjadi penentu dan pengambil keputusan. Lalu mana yang benar?

 

Pemerintah Resmi Menetapkan Hari Idul Adha 1435 H Tanggal 5 Oktober 2014

Idul Adha Pemerintah Muhammadiyah dan Hari Qurban

Idul Adha Versi Pemerintah dan NU

Pemerintah RI melalui kementrian agama yang disampaikan oleh Pak Lukman Hakim menyatakan bahwa Idul Adha jatuh pada hari Minggu tanggal 5 Oktober 2014. Ini berarti hari sebelumnya, dilakukan puasa tarwiyah dan puasa arafah.

 

Alasan pemerintah adalah kesepakatan bersama saat sidang isbat penetapan awal bulan atau tanggal 1 Dzulhijjah. Saat sidang yang memakai metode hisab dan rukyatul hilal menghasilkan tidak ada saksi yang melihat hilal sesuai ketentuan yaitu tinggi minimal 2 derajat, umur hilal sudah 8 jam, dan sudut elongasi 3 derajat. Ini juga sesuai dengan apa yang dihasilkan dari lembaga Nahdlatul Ulama atau NU. Sehingga ditetapkan awal bulan Dzulhijjah hari Jumat tanggal 26 September 2014

 

Idul Qurban Versi Muhammadiyah

Sementara itu, organisasi besar islam lainnya yaitu Muhammadiyah menetapkan Idul Adha jatuh pada hari Sabtu tanggal 4 Oktober 2014 atau lebih cepat satu hari dari pemerintah. Ini terjadi karena hasil penentuan tanggal 1 Dzulhijjah yang memakai metode wujudul hilal sudah terpenuhi. Sehingga Kamis dinyatakan sebagai awal Dzulhijjah

 

Versi Lainnya

Di arab Saudi yang saat ini sedang menggelar ibadah haji, pemerintah arab menetapkan Idul Adha jatuh pada hari Sabtu tanggal 4 Oktober 2014. Berita ini jelas sama dengan penetapan organisasi Muhammadiyah. Ini karena acuan yang dipakai juga berbeda lagi. Kalender yang dipakai adalah kalender Ummul Quro yang dinyatakan bahwa tanggal 1 Dzulhijjah sesuai jatuh tepat tanggal 25 September 2014.

Lihat juga :

Jamaah Naqsabandiyah yang ada di Sumatera Barat malah sudah menggelar takbiran Idul Adha tadi malam, hari Kamis tanggal 2 Oktober 2014, sehingga pelaksanaan sholat Id dilakukan tadi pagi hari Jumat 3 Oktober 2014. Menurut Edizon, sekretaris Naqsabandiyah Padang, menyatakan kalau 1 Ramadhan jatuh pada hari Jumat, maka hari raya kurban akan jatuh setelah 10 kali Jumat, atau Jumat ini.

 

Menurut MUI

Perbedaan penetapan hari raya Idul Adha 1435 H ini harus dipandang dari segi positif. MUI menyatakan mengembalikan kepada individu mana yang paling tepat menurut kepercayaan hatinya. Saling menghormati dan toleransi ini penting untuk menjaga kedamaian dan kenyamanan beribadah.

Pemerintah Tetapkan Hari Idul Adha 1435 H 5 Oktober 2014 | author | 4.5