Pelantikan Presiden Jokowi dan Isi Pidato Pertama Terbaru Juni 2016

Pelantikan Presiden Jokowi telah rampung dilaksanakan di gedung DPR MPR Jakarta. MPR telah melantik presiden ketujuh Joko Widodo berikut wakil presidennya, Jusuf Kalla. Proses pelantikan ini lancar tanpa kendala yang berarti. Jokowi juga sudah menyampaikan pidato pertamanya setelah pelantikannya tersebut. Banyak kejadian yang sangat penting dan bisa dikenang terjadi dalam acara pelantikan ini. Salah satunya adalah pertemuan antara Jokowi dan Prabowo yang sarat akan makna persahabatan dan pelajaran tentang legowo dan nerimo. Pelantikan ini disiarkan langsung oleh stasiun TV nasional secara serentak menyusul kegiatan lainnya yang juga sayang untuk dilewatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

 

Pelantikan presiden Jokowi, isi pidato pertama, dan acara pisah sambut

Pelantikan Presiden Jokowi dan Isi Pidato Pertama

Pelantikan di gedung MPR

Jokowi-JK dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2014 – 2019 di gedung MPR dengan suasana yang sangat hikmat. Presiden ketujuh Republik Indonesia ini menyampaikan pidato pertamanya setelah pelantikan. Dalam pelantikan tersebut, Jokowi juga sudah mengucapkan sumpah Presiden disusul pengucapan sumpah oleh JK sebagai Wakil Presiden. Dalam acara pelantikan tersebut, ada satu momen yang tidak bisa dilupakan, yakni ketika Jokowi menyebut Prabowo sebagai sahabatnya. Sedangkan Prabowo sendiri mengaku akan mendukung pemerintahan Joko Widodo, rivalnya saat pemilu 2014 beberapa bulan lalu. Dengan kejadian unik ini, ada pelajaran yang dapat kita ambil. Yakni bagaimana seseorang dapat menerima kekalahan dan yang menang tidak jumawa sekaligus merangkul yang kalah untuk bersama-sama menatap masa depan yang lebih baik.

 

Pisah sambut di istana merdeka untuk pertama kalinya

Setelah pelantikan presiden Jokowi di gedung MPR, Joko Widodo dan M Jusuf Kalla rencananya akan berangkatku istana merdeka untuk mengikuti acara pisah sambut dengan presiden ke-6 republik Indonesia, yakni Susilo Bambang Yudhoyono. Uniknya, ini merupakan acara pisah sambut pertama selama Indonesia merdeka sejak 69 tahun yang lalu. Biasanya, saat presiden habis masa jabatan dan digantikan dengan presiden baru, acara pisah sambut ini tidak pernah dilaksanakan. Maka untuk pertama kalinya, pisah sambut yang digelar di istana merdeka ini menjadi prestasi pamungkas dari presiden SBY yang mengakhiri masa jabatannya dengan sangat cantik dan damai.

 

Isi pidato kenegaraan pertama Jokowi

Layaknya presiden-presiden sebelumnya, setelah pelantikan presiden mereka harus menyampaikan pidato kenegaraan pertama, tidak terkecuali Jokowi. Mengawali pidato pertamanya setelah pelantikan presiden Jokowi, presiden ketujuh ini mengucapkan terima kasih kepada seluruh presiden dan wakil presiden yang telah memimpin Indonesia. Kemudian disusul dengan ajakan untuk bersama-sama memajukan negara Indonesia dengan kemampuan masing-masing. Dalam pidatonya, Jokowi juga memberikan perumpamaan bahwa memimpin negara bak menakhodai kapal, dan seluruh rakyat Indonesia berada di atas kapal tersebut. Maka untuk mewujudkan tujuan bersama, semua pihak harus ikut mengembangkan layar sekencangnya agar dapat berjalan dengan baik dan menghadapi gelombang samudera dengan kemampuan bangsa sendiri. Tidak lupa, dalam pidato pertamanya itu, Jokowi juga mengajak semua masyarakat untuk menanamkan semangat persatuan, gotong rotong, dan terus bekerja keras.

 

Lihat juga Berita lainnya

 

Jokowi juga mengingatkan tentang apa yang pernah disampaikan presiden pertama, Soekarno. Yakni untuk membangun Indonesia yang besar, kuat, makmur, dan damai, kita semua harus memiliki jiwa cakrawarti samudera. Yang tidak lain adalah jiwa pelaut yang berani dan tidak takut untuk mengarungi gelombang berikut hempasan ombak. Tidak lupa, Jokowi berterima kasih juga kepada wakil-wakil negara tetangga yang ikut hadir dalam acara pelantikan presiden Jokowi tersebut.

Pelantikan Presiden Jokowi dan Isi Pidato Pertama | author | 4.5