Pelantikan Gubernur Ahok di Istana, Lulung Siap Interpelasi Terbaru Juni 2016

Pelantikan Gubernur Ahok telah dilaksanakan di istana Negara oleh Presiden Joko Widodo. Dalam pelantikan tersebut, banyak tokoh yang turut hadir dan memberikan ucapan selamat kepada Gubernur DKI Jakarta terbaru, Basuki Tjahaja Purnama. Namun, keluarga Ahok justru tidak mau memberikan ucapan selamat kepadanya, yakni Ibunda dan adiknya yang sekarang menjadi Bupati di Belitung Timur. Tidak hanya itu, pelantikan Ahok ini juga hanya dihadiri oleh tokoh dari KIH, sementara tokoh dari KMP hanya sedikit saja yang datang. Bahkan, Lulung mengungkapkan akan melakukan interpelasi atas pelantikan yang dilakukan di istana negara ini.

 

Pelantikan Gubernur Ahok di Istana dan Kontroversinya

Pelantikan Gubernur Ahok di Istana

Pelantikan seorang gubernur seharusnya tidak dibarengi dengan kontroversi, namun tidak demikian dengan apa yang terjadi pada Ahok. Sejak kabar akan dilantiknya Ahok jadi gubernur, banyak pihak yang menyayangkan. Bahkan, aksi yang dilakukan oleh FPI juga menyita perhatian publik. Tidak heran jika hari ini Polda Metrojaya mengamankan dengan sangat detail proses pelantikan Ahok. Menilik dari kejadian anarkis yang terjadi beberapa waktu lalu demi menolak Ahok jadi gubernur di DKI Jakarta.

 

Jadi Gubernur kedua yang dilantik presiden

Ahok menjadi gubernur kedua yang dilantik oleh presiden setelah Ali Sadikin yang dulu dilantik oleh presiden Soekarno. Dalam masa Reformasi dan Orde Baru, belum ada sekalipun gubernur yang dilantik oleh seorang presiden. Ini membuat pelantikan Ahok terlihat istimewa. Uniknya, meski balai kota DKI dijaga oleh ribuan personel kepolisian dari Polda Metrojaya, Istana Negara yang menjadi lokasi pelantikan gubernur Ahok tidak mengalami peningkatan keamanan. Dalam pelantikan tersebut, tokoh yang turut hadir sebagian besar dari Koalisi Indonesia Hebat yang memang sejak awal mendukung Ahok sebagai pengganti Joko Widodo setelah Jokowi dilantik  jadi presiden ketujuh. Salah satu tokoh yang hadir adalah Megawati Soekarno Putri, yang turut memberikan ucapan selamat kepada gubernur DKI Jakarta itu. Megawati mengenakan kebaya dominan putih dan juga sempat terlihat dekat dengan istri Basuki Tjahaja Purnama. Di saat yang sama, istri dari Ahok mengenakan kebaya putih dengan selendang warna merah dan terlihat sangat anggun serta cantik.

 

Tidak mendapat ucapan selamat dari Ibunda

Pelantikan Ahok yang cukup menuai kontroversi ini tidak mendapatkan ucapan selamat dari ibundanya, Buniarti. Ibunda Ahok mengungkapkan kalau dirinya tidak bangga kepada anaknya itu meski telah menjadi gubernur. Sang ibunda baru akan bangga ketika anaknya bisa membereskan masalah yang ada di Jakarta. Secara tegas ibunda mengatakan kalau dirinya tidak bangga sebab masih ada warga miskin di Jakarta, masih ada juga banjir di Jakarta. Jika semua bisa diatasi, ibunya baru bisa bangga. Senada dengan hal itu, adik dari Ahok juga enggan memberikan ucapan selamat. Sang adik baru akan mengucapkan selamat setelah masa jabatan Ahok habis dan ada perubahan yang diperlihatkan, yakni pada tahun 2017 mendatang.

Lihat juga:

 

Lulung siapkan interpelasi

Lulung mengungkapkan kalau parpol yang tergabung dalam KMP yang duduk di DPRD DKI Jakarta sepakat untuk menggunakan interpelasi atas pelantikan gubernur Ahok. Tujuannya adalah untuk memakzulkan gubernur DKI Jakarta baru itu. Alasan Lulung di antaranya adalah karena sikap dan ucapan Ahok yang selalu menuai kontroversi.

Pelantikan Gubernur Ahok di Istana, Lulung Siap Interpelasi | author | 4.5