Niat Puasa Tarwiyah, Puasa Arafah 2014, Idul Adha 3 4 5 Oktober Terbaru Juni 2016

Puasa Tarwiyah, Puasa Arafah, Idul Adha 2014 – Hari raya besar umat islam yang kedua sebentar lagi akan tiba, yaitu hari raya Adul Adha. Banyak pula yang menyebutnya sebagai idul kurban karena identik dengan penyembelihan hewan qurban. Dalam rentang satu Minggu sebelum dan sesudah hari raya Adha yang tahun ini pemerintah menetapkan jatuh pada hari Minggu 5 Oktober 2014 terdapat banyak keutamaan dan keberkahan. Dimulai dari dua hari sebelumnya, yaitu Puasa di hari Tarwiyah dan esoknya hari Arafah, lalu tiba hari Idul Kurban/Adha, setelahnya 3 hari berturut-turut ada hari tasyrik. Apa makna ini semua?

 

Bacaan Doa Puasa Tarwiyah, Puasa Arafah, dan Idul Adha Yang Jatuh Pada 3 4 5 Oktober 2014

Puasa Tarwiyah

Berdasarkan kalender penanggalan umat islam, Hijriah, Puasa tarwiyah jatuh pada tanggal 8 Dzulhijjah. Untuk tahun ini, karena pemerintah Indonesia menetapkan Idul Adha yang dirayakan pada tanggal 10 Dzulhijjah jatuh pada 5 Oktober 2014, maka puasa di hari tarwiyah bisa dilakukan pada hari Jumat 3 Oktober 2014.

 

Disebut hari tarwiyah karena pada hari ini, umat muslim yang haji berbondong-bondong membawa bekal air zam-zam untuk dibawa saat arafah. Tarawa (bahasa arab) bermakna membawa bekal air. Dalam sebuah hadits, disebutkan bahwa keutamaan yang didapatkan jika melakukan puasa pada hari tarwiyah adalah dihapuskan dosa selama satu tahun sebelumnya. Meskipun ada yang bilang, hadits ini tidak kuat karena salah satu periwayatnya ada yang pernah berbuat tercela. Tapi juga ada yang sebaliknya, bahwa hadits ini kuat. Lebih baik melaksanakan, tidak sia-sia juga berpuasa karena memang dianjurkan memperbanyak amalan ibadah 10 hari pertama dzulhijjah.

 

Puasa Arafah

Puasa di hari arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah. Dianjurkan untuk berpuasa karena hari itu, umat muslim yang haji di arab saudi sedang melakukan perjalanan wukuf di arafah yang diumpamakan sebagai perjalanan di padang mahsyar. Bisa dibilang wukuf ini adalah acara puncak ibadah haji. Maka dari itu, umat muslim yang tidak sedang berhaji, sangat dianjurkan untuk puasa arafah. Tapi ada juga pendapat lainnya, bahwa puasa ini tidak berkaitan dengan kegiatan wuquf di arafah. Disuruh puasa karena memang haditsnya menyatakan hari arafah jatuh pada 9 Dzulhijjah.

Jika ikut pemerintah RI, maka puasa arafah bisa dilaksanakan pada hari Sabtu 4 Oktober 2014. Keutamaan utama yang diriwayatkan oleh banyak hadits adalah mampu menghapus dosa selama 2 tahun dengan rincian 1 tahun dosa masa lalu yang pernah dilakukan dan 1 tahun dosa masa depan yang belum dilakukan. Benar-benar ibadah yang sangat hebat keutamaannya. Berikut niat puasa arafah.

Niat Puasa Arafah 2014

 

Idul Adha 1435 H

Puncaknya pada tanggal 10 Dzulhijjah (5 Oktober 2014) terjadi hari raya besar umat islam yang kedua setelah idul fitri yaitu Idul Adha. Dianjurkan bagi umat islam yang mampu untuk berkurban hewan ternak seperti unta, sapi, kerbau, kambing dan domba yang sudah cukup umur. Kalau belum mampu? Ya mendapat bagian daging kurbannya karena memang dianjurkan untuk dibagikan kepada orang yang belum mampu. Di hari ini semua umat muslim dilarang ibadah puasa (haram) sampai 3 hari berikutnya (hari tasyrik : 11 12 13 Dzulhijjah).

Lihat juga :

Sekian penjelasan rangkaian ibadah untuk mendapatkan keutamaan dan manfaat dari 10 hari pertama bulan Dzulhijjah yang dimulai dari niat puasa tarwiyah dan puasa arafah 2014, serta gelaran Idul Adha atau Idul Kurban 1435 H.

Niat Puasa Tarwiyah, Puasa Arafah 2014, Idul Adha 3 4 5 Oktober | author | 4.5