Menanti Hasil Pengumuman SBMPTN 2014 Terbaru Juni 2016

Pengumuman SBMPTN 2014 secara resmi akan diumumkan pada hari Rabu, 17 Juli 2014, mulai pukul 17.00 WIB. SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang dilakukan serentak di berbagai wilayah di Indonesia yang diselenggarakan oleh pemerintah dalam bentuk ujian tulis. Tujuan diadakannya SBMPTN adalah untuk menyeleksi calon mahasiswa yang memiliki kemampuan yang memadahi untuk menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi. SBMPTN juga memberi kesempatan untuk calon mahasiswa memilih perguruan tinggi negeri lebih dari satu berbeda daerah.

Pengumuman SBMPTN 2014

Pengumuman SBMPTN 2014

SBMPTN 2014

Pendaftaran SBMPTN dibuka sejak 12 Mei sampai 6 Juni 2014 secara online. Peserta SBMPTN harus lulusan SMA/MA/SMK/MAK lulusan 2012-2014. Syarat lain, peserta harus sehat jasmani dan rohani agar tidak mengganggu program belajar yang akan ditempuh. Dan masih ada persyaratan khusus yang ditentukan Universitas yang menerima calon mahasiswa.

Ujian SBMPTN 2014 juga sudah selesai dilakukan pada hari Selasa (17/6/2014) lalu dan diikuti oleh 664.509 peserta. Jumlah peserta tersebut berjuang mendapat jatah dari 86 ribu penerimaan mahasiswa baru yang disediakan oleh 64 kampus di seluruh Indonesia. Wilayah peserta SBMPTN 2014 sendiri dibagi menjadi 4 wilayah.

Wilayah 1 (Barat) seperti Universitas Syiah Kuala, Universitas Indonesia, UIN Sunan Gunung Jati. Wilayah 2 (Tengah) seperti Universitas Negeri Semarang, UGM. Wilayah 3 (Tengah) termasuk Universitas Negeri Surabaya, Universitas Brawijaya. Wilayah 4 (Timur) termasuk Universitas Makassar, Universitas Pattimura.

Materi Ujian SBMPTN 2014

Ujian SBMPTN tediri dari tes tulis dan ujian keterampilan. Kelompok ujian dibagi menjadi tiga yaitu Saintek, Soshum, dan Campuran. Materi ujian kelompok Saintek meliputi Matematika dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris (TKPA) dan Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika (TKD Saintek). Sedangkan untuk kelompok Soshum, materi yang diujikan adalah Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris (TKPA) dan Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (TKD Soshum). Untuk kelompok ujian campuran, peserta mengerjakan semua materi yang diujikan dalam kelompok ujian Saintek dan Soshum. Ujian keterampilan tidak berlaku bagi seluruh peserta kecuali yang mengambil jurusan tertentu seperti seni rupa, seni tari, seni musik, seni drama.

Baca juga video aksi shakira di penutupan piala dunia 2014.

Penilaian hasil ujian tidak berbeda dengan ketentuan sebelum-sebelumnya. Jawaban BENAR diberi nilai +4, SALAH adalah -1, sedangkan TIDAK MENJAWAB nilai 0.

Pengumuman Kelulusan SBMPTN 2014

Seluruh peserta SBMPTN 2014 bisa melihat berita pengumuman SBMPTN 2014 melalui website www.sbmptn.or.id Jika ada informasi kelulusan dari sumber lain yang mengatasnamakan panitia seleksi, harap hati-hati. Jika ada kendala apapun atau terjadi perubahan tanggal pengumuman SBMPTN  akan diinformasikan melalui media massa.

Peserta SBMPTN yang dinyatakan lulus, wajib melakukan registrasi ke Universitas yang bersangkutan dengan menunjukkan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SBMPTN 2014. Tanggal dan waktu daftar ini ditentukan oleh Universitas. Untuk mengetahui informasi  pengumuman SBMPTN 2014 dan daftar ulang, bisa mengaksesnya lewat website instansi terkait.

Menanti Hasil Pengumuman SBMPTN 2014 | author | 4.5