Kondisi Letusan Abu Vulkanik Gunung Merapi Terkini Terbaru Juni 2016

Kondisi Letusan Abu Vulkanik Gunung Merapi Terbaru, Gunung Merapi kembali mengeluarkan asap Sulfatara dibarengi dengan keluarnya debu vulkanik tipis pada Senin 10 Maret pukul 06.54 WIB. Asap Sulfatara yang dihembuskan Gunung Merapi pagi hari membumbung hingga mencapai ketinggian 1.500 meter. Sedangkan asap Sulfatara yang diembuskan pada pukul 11.04 WIB,  hanya hingga ketinggian 350-400 meter saja.

Update Kondisi Merapi 30 April 2014

Balai Penelitian dan Penyelidikan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta hari Rabu 30 April 2014 dini hari menyatakan status Gunung Merapi naik dari aktif normal menjadi waspada.

Terjadi peningkatan status Gunung Merapi akibat peningkatan aktivitas yang terjadi kemarin 29 April 2014 yaitu terjadi 20 kali gempa serta terdengar dentuman yang terjadi berulang kali hingga radius 8 kilometer dari puncak Gunung Merapi, BPPTKG memberikan beberapa rekomendasi. Di antaranya berupa larangan pendakian kecuali untuk kepentingan penelitian dan mitigasi bencana.

Update Kondisi Merapi 27 maret 2014

Pada pukul 13.03-13.27 wib tadi gunung merapi mengalami peningkatan aktivitas seismisitas berupa hembusan mengeluarkan abu sehingga kondisi puncak gunung tertutup awan. Hujan abu terjadi di beberapa tempat seperti di Tlogowatu, Manisrenggo, Deles, Karangnongko (Klaten), serta Tegalmulyo, namun mulai pukul 13.30 wib kondisi Merapi sudah normal kembali.

Kondisi Letusan Abu Vulkanik Status Gunung Merapi Terkini

Kondisi Terkini Status Gunung Merapi

Pemantauan aktivitas Gunung Merapi dinilai cukup sulit karena puncak Gunung Merapi sebagian sudah mulai tertutup kabut yang sangat tebal. Meskipun begitu tidak ada peningkatan status, Status Gunung Merapi masih Normal, ada dugaan bahwa asap itu muncul dikarenakan gempa tektonik dengan kekuatan 5,4 skala richter yang sebelumnya terjadi di Malang, Jawa Timur.

Hampir bersamaan Status Gunung Slamet juga dinaikkan menjadi Waspada dari sebelumnya Aktif Normal.

Kondisi Letusan Abu Vulkanik Gunung Merapi Terkini | bill_gates | 4.5