Klarifikasi Quraish Shihab: Nabi Muhammad Tidak Masuk Surga Terbaru Juni 2016

Pernyataan Kontroversial Quraish Shihab dianggap mengeluarkan pernyataan kontroversial dalam  sebuah acara Tafsir Al-Misbah di Metro TV pada hari Sabtu 12, Juli, 2014. Kehebohan tersebut bermula saat pembawa acara menanyakan tentang hal masuk surga. Quraish Shihab menjawab bahwa tidak ada orang masuk surga karena amal manusia, surga adalah hak prerogratif Allah SWT.

Pernyataan Kontrovesial dan Klarifikasi Quraish Shihab bahwa Nabi Muhammad Tidak Masuk Surga

Pernyataan Quraish Shihab

Klarifikasi Quraish Shihab Nabi Muhammad Tidak Masuk Surga

Dalam tayangan Al Misbah episode 12 Juli 2014, Quraish Shihab menyatakan tidak benar bahwa Nabi Muhammad langsung masuk surga. Sebab, surga adalah hak prerogratif Allah. Memang Nabi Muhammad adalah orang yang sangat mulia. Tapi bukan itu yang menjadikan pembawa agama Islam itu mendapat jaminan masuk surga. Pernyataan Quraish Shihab ini didasarkan pada sebuah hadits yang menceritakan ketika ada satu sahabat di sekitar Nabi menyatakan betapa enaknya menjadi Nabi Muhammad yang mendapat jaminan surga. Mendengar pernyataan itu, Nabi membantah tidak ada seorang pun masuk surga karena amalnya. Masuk surga atau tidak itu adalah hak prerogratif Allah.

Meskipun berita pernyataan tersebut didasarkan pada hadits yang shahih, Quraish Shihab menuai kecaman yang ramai diungkapkan di media sosial. Salah satu akun twitter atas nama @jonru sangat mempermasalahkan hal ini. Bahkan pemilik akun tersebut melempar fitnah kepada mantan menteri agama era Soeharto ini sebagai orang Syiah. Ada yang menduga kontroversial ini muncul karena persaingan politik yang sekarang ini sedang memanas.

Di sini video cuplikan pernyataan M. Quraish Shihab yang dianggap kontroversial :

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=7IGTbSOwbMo]

Klarifikasi Quraish Shihab

Menyikapi keributan yang terjadi terkait dengan tayangan Tafsir Al- Misbah pada 12 Juli 2014 tersebut, Quraish Shihab memberikan klarifikasi melalui situs resminya pada hari Selasa (15/6). Dalam situs resminya yang beralamat di quraishshihab.com, ahli tafsir lulusan Al Azhar, Mesir tersebut menjelaskan bahwa uraian informasi yang disampaikan dan menjadi perdebatan itu terkait konteks amal bukanlah yang menjadikan masuk surga. Nabi juga tidak masuk surga karena amalnya, tapi manusia mulia itu mendapatkan rahmat Allah untuk masuk surga. Dalam episode yang sama, sebenarnya sudah dijelaskan bahwa Nabi Muhammad mendapatkan anugerah apa saja sampai beliau merasa puas,  begitulah penjelasan Quraish Shihab.

Quraish Shihab menganggap penjelasannya itu sengaja dipelintir. Orang yang meributkan masalah ini hanya mengutip sepotong di luar konteks lalu melemparkannya ke publik. Tentu saja hal itu membingungkan. Dengan santai Quraish Shihab menanggapi semua ini. Ayah dari Najwa Shihab ini, dalam klarifikasinya, mempersilakan menonton ulang video episode tersebut. Quraish Shihab berharap semoga orang yang menyebarkan isu ini memang karena tidak mengerti, bukan bermaksud memfitnah seperti yang kerap ditujukan padanya.

Itulah penyataan kontroversial Quraish Shihab yang ramai dibicarakan dan sekarang sudah mendapat klarifikasi.

Klarifikasi Quraish Shihab: Nabi Muhammad Tidak Masuk Surga | author | 4.5