Kelangkaan BBM Terjadi Di Mana-Mana Terbaru Juni 2016

Pekan ini, masyarakat Indonesia dikhawatirkan dengan kelangkaan BBM yang terjadi di mana-mana. Hampir semua kota besar di Indonesia terjadi antrean panjang yang mengular. Fenomena ini termasuk unik. Biasanya hal ini terjadi karena pemerintah berencana akan menaikkan harga BBM bersubsidi. Padahal belum ada rencana seperti ini. Usut punya usut ternyata Pertamina membatasi Pasokan BBM untuk setiap kota.

Fenomena Kelangkaan BBM Di Negara Indonesia

Kelangkaan BBM

Pertamina Membatasi Kuota BBM Subsidi

Pihak yang patut dimintai keterangan pertama kali adalah Pertamina. Perusahaan plat merah ini memegang peran penting dalam distribusi BBM subsidi nasional. Saat dimintai keterangan, pertamina menyatakan bahwa pihaknya membatasi kuota karena target APBN-P Nasional sudah hampir tercapai. Jika hal ini diteruskan maka akan terjadi ketimpangan. Jatah subsidi BBM tidak akan bisa lagi disalurkan.

Terkait kelangkaan ini, Pertamina sudah juga sudah menyatakan bahwa distribusi yang tersendat akan kembali lancar kembali. Dua sampai tiga hari lagi, semua pom bensin bisa menjual BBM Subsidi seperti biasa. Ini semua berkat komunikasi yang intens antara pemerintah dan Pertamina.

Aneka Respon Pasar dan Masyarakat

Yang paling terlihat dari kelangkaan BBM ini adalah antrean panjang dan mengular. Bahkan antrean ini terjadi sampai memakan separuh badan jalan akibat halaman pom bensin sudah tidak kuat menampung kendaraan. Kelangkaan bahan bakar ini terjadi akibat konsumsi BBM subsidi yang meningkat drastis. Subsidi BBM yang seharusnya dinikmati masyarakat kelas bawah ini memang tidak tepat sasaran. Pasalnya banyak juga dari kalangan menengah ke atas yang ikut menikmati.

Di beberapa antrean BBM yang beredar di berbagai media massa, ada juga mobil mewah dengan harga di atas 400juta ikut antre menunggu giliran mengisi bahan bakar. Ini jelas menyakiti para masyarakat kelas bawah yang seharusnya untuk merekalah jatah subsidi ini.

Berita lainnya terkait kelangkaan ini adalah reaksi pasar uang dan saham. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melaju bearish di zona merah. Sedangkan nilai tukar rupiah terhadap dolar juga melemah.

Baca juga info mundurnya Karen Agustiawan dari kursi CEO Pertamina.

Solusi Kelangkaan BBM

Sampai sejauh ini belum ada solusi untuk mengatasi membengkaknya konsumsi BBM bersubsidi. Berbagai cara sebetulnya pernah di usulkan. Mulai dari larangan mobil mewah, subsidi BBM hanya khusus angkot-motor-kendaraan niaga, sampai memakai sistem kartu kendali. Namun ini semua hanya wacana. Pemerintah masih belum mengambil sikap.

Satu sikap yang sudah nyata dilakukan adalah menaikkan harga secara perlahan sampai menuju harga pasar. Ini berarti subsidi pelan-pelan dihapuskan. Kenaikan atau penghapusan subsidi akan berdampak unsistemik yang berarti tidak bisa dikontrol. Jika subsidi BBM dihapuskan, kemungkinan besar masyarakat bawah akan sengsara. Mereka akan keberatan di biaya transportasi yang naik. Efeknya harga sandang pangan juga akan naik.

Tapi, kalaupun subsidi dihapuskan dan uangnya dialihkan untuk membiayai sarana dan prasarana seperti transportasi dan pendidikan, maka kelas bawah bisa sedikit bernafas lega. Kelangkaan BBM juga tidak akan terjadi lagi karena tidak ada pembatasan.

Kelangkaan BBM Terjadi Di Mana-Mana | author | 4.5