Kecelakaan Pesawat MH17 Jatuh Dihantam Rudal Terbaru Juni 2016

Kecelakaan Pesawat MH17 yang jatuh di Ukrina Timur, 50 mil dari perbatasan Rusia, tepatnya di antara Krasni di Luhansk dan Shakhtarsk di Donetsk, diduga karena tembakan peluru kendali. Pesawat Boeing 777 milik Malaysia Airlines ini terbang dari Amsterdam ke Kuala Lumpur. Pesawat yang membawa 295 penumpang ini meledak di darat karena tembakan tersebut.

Kecelakaan ini semakin menambah rangkaian duka untuk penerbangan yang ada di Malaysia. Pada bulan Maret lalu, Malaysia  Airlines juga kehilangan pesawat MH370 yang mengangkut 239 penumpang. Pesawat MH370 dengan rute Kuala Lumpur-Beijing tersebut diduga hilang karena dibajak. Dan, sampai sekarang belum ditemukan nasibnya.

Aktor dan Korban Kecelakaan Pesawat MH17

Kecelakaan Pesawat MH17 Malaysia Airline di Ukraina

Aktor di Balik Kecelakaan MH17

Menyusul kejadian memilukan ini,  negara Ukraina dan Rusia mendapat sorotan dari seluruh dunia. Negara tetangga ini sedang mengalami konflik karena berebut wilayah. Beberapa rakyat yang tinggal di Ukraina Timur (lokasi kecelakaan MH17) adalah basis massa pemberontak pemerintahan Ukraina dan menyatakan ingin bergabung dengan Rusia atau kelompok Pro Rusia.

Oleh sebab itu, dalam kecelakaan pesawat MH17 ini, Presiden Ukraina Petro Poroshenko mengatakan pesawat tersebut jatuh karena ditembak dengan peluru kendali oleh pemberontak. Menurutnya ini adalah sebuah aksi terorisme.  Menteri Luar negeri Ukraina, Pavlo Klimkin, membenarkan pernyataan bahwa pesawat MH17 ditembak oleh separatis Pro Rusia.

Sementara itu, presiden Rusia Vladimir Putih  berpendapat lain. Menurutnya, yang harus bertanggung jawab dalam kejadian ini adalah Ukraina. Pesawat tersebut diduga dihancurkan oleh tentara pemerintahan Ukraina. Masih menurut Putin, di kawasan jatuhnya pesawat MH17, adalah kawasan operasi militer Ukraina kepada pasukan Pro Rusia.

Sikap saling menyalahkan tersebut semakin membuat tidak jelas siapa pelakunya. Tapi, untuk mengetahui dalang dari kejadian ini, perdana menteri Malaysia Najib Razad akan segera melakukan investigasi terkait penyebab jatuhnya pesawat MH17.

Daftar Korban Kecelakaan MH17

Dalam berita kecelakaan pesawat MH17 ini,  tidak ada satu pun penumpang yang selamat. Dari total penumpang 295 terdapat 12 orang Indonesia. Sejauh ini belum ada daftar data korban resmi semua penumpang yang menjadi korban. Menurut data yang dilansir oleh Mirror.co.uk berikut ini jumlah korban berdasarkan kebangsaan mereka: Belanda (154), Australia (27), Malaysia (43), Indonesia (12), Inggris (9), Jerman (4), Belgia (4), Philipina (3), Kanada (1).

Berikut ini 12 nama warga negara Indonesia (WNI) korban kecelakaan MH17 yang diperoleh dari Menteri Luar Negeri: Hadiono Gunawan, Ketut Wiartini, Hickline Kurniati Kardia, Hendry, Werther Smallenburg, Wayan Sujana, Yodricunda Theistiasih, Yuli Hastini, Supartini, Gerda Leliana Lahenda, Jane M Hadi Soetjipto, Clarice Yelena Huizen.

Untuk mencegah kejadian yang sama seperti yang dialami dalam kecelakaan pesawat MH17, organisasi keselamatan penerbangan Eurocontrol menginformasikan dan memerintahkan semua pilot menghindari rute Ukraina Timur.

Kecelakaan Pesawat MH17 Jatuh Dihantam Rudal | author | 4.5