Jokowi Tidak Tegas Tangani Penangkapan Wakil Ketua KPK Terbaru Juni 2016

Jokowi Tidak Tegas, Presiden RI Joko Widodo dinilai tidak menunjukkan sikap tegas dalam mengatasi polemik penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto setelah Kamis (23/1/2015) kemarin ditahan oleh Bareskrim Polri.

penangkapan-wakil-ketua-kpk-jokowi-tidak-tegas

Hal ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah, yang menganggap pernyataan Jokowi tidak lebih tegas dari seorang ketua RT. Ia melihat Jokowi sama sekali tidak mencerminkan itikad seorang kepala negara yang berpihak pada usaha untuk memberantas tindak rasuah dalam kasus penangkapan Wakil Ketua KPK tersebut. “Kita butuh seorang presiden, dan bukannya petugas partai,” tungkas Anis saat berkunjung ke Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/1/2015).

Memang, saat mengadakan jumpa pers di Istana Negara, Jokowi hanya menyampaikan saran agar kedua instansi baik Polri dan KPK harus berjalan menurut tugasnya sesuai aturan, dan memproses hukum yang sedang berjalan secara objektif dan adil.

Anis mengatakan bahwa Jokowi harusnya berani memerintahkan Plt Kapolri Badrodin Haiti untuk membebaskan Bambang, dan bukannya membiarkan kedua instansi terus berseteru.

Sementara itu, setelah ditahan selama satu malam, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto telah dibebaskan oleh Polri, dan tiba di Gedung KPK Jumat pagi. Setibanya di Gedung KPK, Bambang terlihat tergesa-gesa meneguk air minum untuk melepas dahaga. Menurut informasi yang disampaikan oleh aktivis yang sempat menjenguk Bambang saat masih ditahan di Bareskrim Polri kemarin, Bambang memang menolak menyantap makanan dan minuman yang disediakan oleh Bareskrim Polri, sebagai alasan keamanan.

Hal ini kemudian diteruskan oleh Berkah Kumulya, seorang aktivis pendukung KPK. Dalam orasinya di depan puluhan massa yang berkumpul di depan gedung KPK, ia mengatakan bahwa makanan yang ditawarkan oleh Bareskrim dikhawatirkan membahayakan. “Kita tidak mau kasus cak Munir terulang,” ujar Berkah yang sontak disambut sorak sorai massa.

Di lain kesempatan, Ketua KPK Abraham Samad didampingi para pimpinan KPK menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap dukungan yang diutarakan oleh berbagai tokoh nasional. Dalam jumpa pers yang diadakan di Gedung KPK ia mengungkapkan rasa harunya terhadap perjuangan Bambang Widjojanto. Ia mengungkapkan bahwa sebelum penangkapan Wakil Ketua KPK itu berlangsung, Bambang sendiri sudah merasa akan menjadi target tuduhan seperti dirinya.

Jokowi Tidak Tegas Tangani Penangkapan Wakil Ketua KPK | wahyuni | 4.5