Jokowi Tak Pilih Calon Pimpinan Sementara KPK Rekomendasi Johan Budi Terbaru Juni 2016

Johan Budi mengatakan bahwa dari tiga calon pimpinan sementara KPK yang telah diumumkan oleh Presiden Jokowi, tak satupun yang berasal dari nama yang disodorkan oleh pihak KPK sendiri. Deputi Pencegahan KPK tersebut mengatakan tidak ada satupun nama dari rekomendasi calon pimpinan sementara KPK yang diambil oleh Jokowi.

johan-budi-calon-pimpinan-sementara-kpk

Johan Budi mengakui rekomendasi nama calon pimpinan sementara KPK yang mereka ajukan sebenarnya tidak satupun yang berasal dari internal lembaga anti rasuah tersebut. Pengajuan ini sendiri telah disodorkan kepada pihak Istana yang menghubungi sendiri dirinya, pada saat penonaktifan Abraham Samad dan Bambang Widjojanto dari pucuk pimpinan KPK.

“Saya ketua tim krisis di KPK. Istana tanya, ‘Kalau ada usulan pelaksana tugas, usul siapa?’ Kami usulkan tujuh nama, tetapi tidak ada yang dari KPK,” ujar Johan Budi di ruangannya di Gedung KPK, Kamis (19/2/2015), sembari menyebut fakta bahwa pada hari Selasa silam pihak KPK sendiri sudah mengetahui rencana bahwa Presiden Joko Widodo akan memberhentikan sementara Abraham Samad dan Bambang Widjojanto sembaru menunjuk tiga pimpinan sementara yang baru.

Ketika ditanya mengenai mengapa pihak KPK lebih memilih merekomendasikan orang yang bukan berasal dari internal KPK, Johan berpendapat bahwa pihaknya merasa lebih baik jika kekosongan jabatan ini diisi oleh calon pimpinan sementara KPK yang bukan berasal dari dalam institusinya sendiri.

Seperti diketahui, akhirnya Johan Budi sendiri yang ditunjuk sementara oleh Presiden Jokowi mengisi pucuk pimpinan KPK, serta mantan Ketua KPK yang kini menjabat Komisaris Bank Jabar Banten Taufiequrachman Ruki, dan Indriyanto Seno Adji, seorang guru besar dari Universitas Indonesia.

Namun Johan sendiri berpendapat bahwa keputusan ini sedikit melegakan publik. Apalagi, akhirnya Budi Gunawan dipastikan tidak dilantik menjadi Kapolri. “Apa yang dilakukan Jokowi harus diapresiasi, cepat dan konkret. Saya yakin ini langkah yang dilakukan Jokowi pasti tujuannya untuk mengembalikan lagi hubungan baik antara Polri dengan KPK,” ujar Johan. Ia berharap keputusan ini dapat segera meredakan pelik yang menegang diantara kedua institusi ini, dan mengembalikan kepercayaan publik.

Jokowi Tak Pilih Calon Pimpinan Sementara KPK Rekomendasi Johan Budi | wahyuni | 4.5