Jokowi Dikirimi Surat Dari AS Terkait Eksekusi Mati Duo Bali Nine Terbaru Juni 2016

Putusan eksekusi mati duo Bali Nine, Myuran Sukumaran dan Andrew Chan yang telah ditetapkan akan segera dilaksanakan, akhirnya membuat beberapa lembaga swadaya masyarakat di seluruh dunia angkat bicara dan keberatan dengan sikap pemerintah Indonesia. Tak terkecuali lembaga sosial dari Amerika Serikat yang menamakan dirinya The American Friends Service Comittee (AFSC) yang mengirim surat untuk presiden Joko Widodo. Surat atas nama Bonnie Kerness, Direkur Prison Watch Program diperlihatkan kepada awak media di Denpasar, Bali, Minggu (8/2/2015).

pembatalan-eksekusi-mati-duo-bali-nine

Dalam surat berbahasa Inggris tersebut, yang bila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, tertulis “Organisasi kami sangat berkecamuk karena adanya pelaksanaan (hukuman mati) yang akan dilaksanakan terhadap Myuran Sukumaran dan Andrew Chan, dua warga Australia yang berada di penjara di Indonesia untuk kejahatan narkoba tanpa kekerasan. Kami percaya bahwa hukuman mati ini berlebihan. Sebagai Direktur dari Prison Watch Program di AFSC, saya tidak bisa membantu namun saya merasa (hukuman mati) ini tidak lagi relevan bagi orang-orang yang tidak punya catatan kekerasan, apalagi mereka telah menunjukkan itikad baik dan kemampuannya untuk merehabilitasi dirinya. Dr. Ronald Jenkins, seorang anggota dari organisasi kami yang mengajar di Wesleyan and Yale Universities, pernah berkesempatan untuk bekerjasama dengan keduanya dalam sebuah seminar penulisan di lapas Kerobokan Bali. Ia bisa bersaksi mengenai sikap bersahaja dari karakter keduanya dan kelayakan mereka untuk menerima pengampunan.”

American Friends Service Comittee yang berpusat di Philadelphia, Amerika Serikat ini merasa bahwa Jokowi perlu mempertimbangkan ulang putusan eksekusi mati duo Bali Nine yang akan dijatuhkan segera.

Dengan rasa hormat yang mendalam dan kerendahan hati, kami meminta Anda sebagai Presiden baru Indonesia untuk menunjukkan kepada dunia nilai-nilai pencerahan demokrasi negara Anda, dengan cara menunjukkan belas kasihan kepada dua orang yang layak ditawarkan pengampunan. Kami sangat berterima kasih atas pertimbangan Anda,” ungkap Bonnie dalam surat yang ditujukan ke Istana Negara, dan juga kepada kedua duo Bali Nine tersebut di lapas Kerobokan, menjelang eksekusi mati duo Bali Nine yang akan segera dilaksanakan.

Jokowi Dikirimi Surat Dari AS Terkait Eksekusi Mati Duo Bali Nine | wahyuni | 4.5