Jokowi Bertemu Prabowo, Ada Apa? Terbaru Juni 2016

jokowi-bertemu-prabowo-di-istana-bogor

Presiden Joko Widodo pada Kamis, 29/01/2015 siang bertemu dengan mantan pesaingnya saat pemilihan Presiden RI lalu, Prabowo Subianto, di Istana Bogor.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon yang dihubungi oleh wartawan di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta mengakui bahwa pertemuan keduanya hanya sebatas silaturahmi dan perbincangan biasa saja. Ia pun tidak diberitahu soal isu-isu apa saja yang akan dibahas dalam kesempatan Jokowi bertemu Prabowo. Bahkan, Fadli membantah pertemuan keduanya membahas polemik yang sedang berkembang diantara Polri dan KPK.

Enggaklah. Kan Pak Prabowo enggak mau ikut campur dalam masalah itu,” ujar Fadli Zon.

Sementara adik Prabowo yang juga menjabat sebagai fungsionaris Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo, mengatakan Jokowi bertemu Prabowo atas insentif Jokowi sendiri. Ketika ditanya mengenai topik apakah yang akan dibahas oleh Jokowi dan Prabowo, ia malah berseloroh bahwa keduanya mungkin membahas mengenai isu banjir dan anomali cuaca yang sedang terjadi.

Sementara, menurut pandangan beberapa pakar komunikasi politik, pertemuan Jokowi dengan Prabowo adalah untuk menunjukkan sinyal bahwa Jokowi tidak hanya tergantung pada Koalisi Indonesia Hebat saja, dan mampu mencari dukungan dari pihak luar termasuk oposisi.

Sebelum Jokowi bertemu Prabowo, ia terlebih mengadakan pertemuan dengan para pemimpin daerah tingkat II dari seluruh wilayah Indonesia yang dimulai tepat pukul 09.00 WIB tadi. Pertemuan ini adalah yang ketiga sejak Jokowi menjabat Presiden.

Dalam rapat koordinasi dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia dan Asosiasi Pemerontah Kota Seluruh Indonesia ini, Jokowi total mengumpulkan 110 bupati dan walikota. Dalam rapat ini Jokowi membahas beberapa program prioritas pemerintah diantaranya kedaulatan pangan yang meliputi berbagai aspek seperti optimalisasi pengelolaan irigasi, reformasi agraria, dan pengendalian dan peningkatan produktivitas lahan pertanian, serta peningkatan kesejahteraan petani. Selain itu, beberapa isu lain yang ikut dibahas diantaranya penguatan infrastruktur maritim, energi, pariwisata, dan perhubungan.

Agenda lain yang ikut dibahas dalam rapat koordinasi ini adalah kendala dalam legalitas dan perizinan, tumpang tindih perundang-undangan,perlindungan lingkungan hidup, serta iklim investasi di Indonesia.

Jokowi Bertemu Prabowo, Ada Apa? | wahyuni | 4.5