John Venn Ulang Tahun ke-180, Google Rayakan Lewat Google Doodle Terbaru Juni 2016

John Venn berulang tahun ke-180 tahun. Penemu Diagram Venn ini lahir pada 4 Agustus 1834 di Yorkshire, Inggris. Untuk mengenang dan merayakan ulang tahun dari ahli Matematika asal Inggris ini, Google mengubah tampilannya menjadi Google Doodle. Apakah itu Google Doodle? Google Doodle merupakan sebuah Logo yang ditujukan khusus untuk mengenang peristiwa penting dunia. Berhubung berita dan peristiwa penting hari ini adalah ulang tahun penemu diagram venn maka dibuat khusus berupa aplikasi permainan dari google untuk memainkan Diagram Venn karya dari John Venn.

Ulang Tahun John Venn ke-180, Diagram Venn dan Google Doodle

John Venn Ulang Tahun ke-180

Sekilas tentang John Venn dan Diagram Venn

Sebagaimana diketahui, John Venn merupakan seorang jenius Matematika yang berhasil menemukan dan memperkenalkan Diagram Venn ke seluruh dunia. Diagram Venn berbentuk lingkaran yang mengandung anggota himpunan dengan lingkaran lain yang juga mengandung anggota himpunan berbeda. Keduanya disatukan dalam satu semesta yang digambarkan dalam bentuk persegi panjang. Diagram ini digunakan untuk menggambarkan hubungan antara himpunan satu dengan himpunan (kelompok) lainnya. Dalam hal ini, dengan Diagram Venn dapat diketahui keterkaitan apa yang dimiliki, bagian mana saja yang dapat bersinggungan, dan apa saja yang sama-sama dimiliki oleh keduanya.

Diagram Venn dibuat dengan sangat sederhana namun sarat akan makna. Biasanya, Diagram Venn digunakan untuk menyelesaikan masalah sederhana yang berhubungan dengan ilmu komputer, ilmu dalam bidang logika, statistika, dan linguistik, serta probabilitas yang juga masuk dalam kajian ilmu statistika. Sedangkan untuk memperingati Ulang tahun John Venn ke-180, Google membuat aplikasi Google Doodle.

Diagram Venn dan Google Doodle

Saat masuk dalam google.com, Anda akan melihat tampilan Google besar dengan tombol play berada di tengahnya. Silakan klik tombol play tersebut dan mulailah belajar Diagram Venn ala google. Di Google Doodle terdapat dua lingkaran besar yang masing-masing bisa diisi anggota himpunan apa saja. Sebagai contoh, himpunan A diisi dengan kehidupan laut yang digambarkan dengan ikon ikan (di sisi kiri lingkaran). Himpunan B diisi dengan hewan bercangkang yang digambarkan dengan ikon siput di sisi kanan lingkaran sebelah kanan. Maka saat Anda mengklik 2 ikon tersebut pada masing-masing lingkaran. Google Doodle secara otomatis akan menemukan kesamaan dari dua himpunan tersebut. Yakni sebuah hewan yang hidup di laut dan bercangkang. Apakah itu? Ya jawabannya adalah kura-kura.

Contoh lain adalah ketika Anda klik ikon singa di sebelah lingkaran kiri yang menunjukkan himpunan mamalia, kemudian klik ikon mikroskop yang menunjukkan himpunan mungil. Maka hasil yang akan Anda dapatkan adalah tikus. Di mana hewan ini merupakan hewan mamalia (beranak dan menyusui) dan berukuran kecil. Penasaran dengan Google Doodle? Silakan coba di gadget Anda.

Baca juga peristiwa penting bulan ini yaitu mamiek prakoso meninggal dan penyebabnya.

Manfaat Google Doodle

Google doodle yang menjadi hadiah untuk John Venn berulang tahun ke-180 tahun ini sangat banyak. Selain dapat belajar tentang Diagram Venn, pengguna internet juga bisa menambah ilmu pengetahuannya dengan cara yang nyaris tidak membosankan. Selamat belajar Diagram Venn dan selamat belajar Matematika di Google Doodle.

John Venn Ulang Tahun ke-180, Google Rayakan Lewat Google Doodle | author | 4.5