Jero Wacik Ditetapkan KPK Sebagai Tersangka Korupsi Terbaru Juni 2016

Jero Wacik resmi ditetapkan sebagai tersangka korupsi dan pemerasan di lingkungan kementrian ESDM oleh KPK. Total kerugian dari kasus ini diperkirakan mencapai Rp 9,9 Milliar. Jero Wacik sendiri adalah menteri di kabinet SBY periode 2 ketiga yang resmi ditetapkan menjadi tersangka korupsi setelah penetapan Andi Malarangeng dan Suryadharma Ali. Bagaimana cerita dan kronologis menteri yang berinsial JW ini bisa menjadi tersangka?

Menteri ESDM Jero Wacik Menjadi Tersangka Korupsi dan Pemerasan Oleh KPK

Jero Wacik Ditetapkan KPK Sebagai Tersangka Korupsi

Berita Kronologis Jero Wacik Menjadi Tersangka

Kemarin atau tepatnya hari selasa 2 September 2014, KPK telah mengadakan gelar perkara atas indikasi tindak pidana korupsi yang ada di Kementrian ESDM bersama 5 ketua. Ketua KPK Abraham Samad mengatakan bahwa semoga saja semua persoalannya bisa selesai minggu ini. Tapi samad juga menambahkan bahwa KPK tidak janji karena ada satgas yang menangani.

Gelar perkara ini adalah lanjutan dari penyelidikan beberapa waktu yang dilakukan oleh KPK dengan memanggil Jero Wacik sebagai saksi. JW sendiri pada waktu itu menjawab bahwa penyelidikan ini terkait Dana Operasi Menteri. Perkara korupsi ini juga merupakan rentetan dari kasus korupsi di Sekretariatan Jenderal ESDM yang sudah menjerat SekJen ESDM Waryono Karno.

Setelah melakukan gelar perkara, Surat Perintah Penyidikan atau Sprindik untuk meningkatkan status penyidikan JW terbit pada tanggal 2 September.

Apa Yang Dikorupsi Jero Wacik?

JW terlibat setelah adanya laporan bahwa Jero Wacik memerintahkan Waryono untuk memainkan anggaran. Salah satu wakil ketua KPK dalam konferensi pers yaitu Bambang Widjojanto menyatakan bahwa JW diduga menyalahgunakan wewenang dirinya sebagai menteri untuk memperkaya diri dengan memperoleh uang lebih banyak. Salah satu caranya adalah mengadakan rapat-rapat fiktif di kementrian dengan memakai Dana Operasi Menteri (DOM) dan mendapatkan Kick Back dari pengadaan kementrian.

Jero Wacik sendiri juga mengaku kalau sebenarnya DOM ini sudah ditetapkan di APBN melalui Surat Keputusan Menteri Keuangan. Namun JW tidak mau menjawab kepada media berapa jumlah DOM untuk tiap-tiap kementrian.

Profil Jero Wacik

Jero Wacik adalah menteri ESDM dari partai Demokrat. Pada cabinet sebelumnya, Jero menjabat sebagai Menteri Negara Kebudayaan dan Pariwisata. Jero Wacik lahir di Singaraja Bali 24 April 1949. Jero sendiri adalah lulusan S1 Teknik Mesin ITB Bandung tahun 1974. Saat masih kuliah, Jero sudah bekerja sebagai salah satu Tim Peneliti di sebuah perusahaan tekstil di Bandung. Jero juga menyandang sebagi mahasiswa teladan.

Berita terbaru lainnya tentang foto seksi Jennifer Jawrence dan Rinada mantan istri Andika The Titans.

Setelah lulus, Jero Wacik bekerja di PT United Tractors sebagai Assistant Service Manager tahun 1974. Karirnya terus menanjak sampai menjadi Government Sales Manager tahun 1990. 1992 dia memutuskan untuk berhenti dan menjadi wiraswasta di dunia pariwisata. Tahun 2004 terpilih menjadi anggota DPR RI lewat partai Demokrat. Selang beberapa waktu dipanggil menjadi Menteri Kebudayaan dan Pariwisata sampai 2011 dan berlanjut menjadi menteri ESDM 2011-2014.

Jero Wacik Ditetapkan KPK Sebagai Tersangka Korupsi | author | 4.5