Jalur Alternatif Jembatan Comal Sudah Bisa Dilewati Terbaru Juni 2016

Jalur alternatif jembatan Comal  ini perlu diperhatikan untuk menghindari kemacetan di jalur pantura yang menghubungkan Jakarta-Surabaya. Hari raya yang semakin dekat, arus mudik dipastikan juga akan semakin padat. Akan tetapi jalur via jembatan Comal harus ditutup karena jembatan yang berada di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah ini mengalami ambles hingga 1 meter. Akibatnya, jembatan yang dibangun pada tahun 2000 ini tidak bisa dilalui sejak kemarin (18/7/2014).

Jalur Alternatif Jembatan Comal

Jalur Alternatif Jembatan Comal

Keadaan Jembatan Comal

Sebelumnya, Jembatan Comal sudah ambles sedalam 20 cm pasca diterjang banjir yang terjadi pada bulan Februari lalu. Ditutupnya jembatan yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya kali ini tentu akan mengganggu puncak arus mudik nanti. Untuk mengatasi hal ini, Kementrian Pekerjaan Umum melalui Djoko mengatakan akan membuatkan jembatan darurat untuk menghubungkan kembali jalur tersebut.

Pembuatan jembatan darurat ini diperkirakan akan selesai dalam waktu lima hari ke depan. Meskipun adanya jembatan darurat ini akan membantu, tapi kemacetan padat mungkin akan tetap terjadi. Oleh sebab itu, bagi pengguna jalan yang ingin melintasi jembatan Comal yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya ini, sebaiknya mengambil jalan alternatif lain.

Laporan terbaru dari jembatan Comel bahwa kemacetan yang disebabkan oleh kerusakan jembatan yang menghubungkan Jakarta-Surabaya ini sudah mengular panjang. Dari arah timur, kemacetan memanjang mulai dari jembatan Comal sampai kecamatan Ulujami. Sedangkan dari arah barat macet hingga kecamatan Petarukan.

Jalur Alternatif Menghindari Jembatan Comel

Berita amblesnya jembatan Comal dipastikan membuat jalur tersebut sama sekali tidak bisa  dilintasi. Meskipun sudah dibuatkan jembatan darurat, kemungkinan besar masih akan terjadi kemacetan yang padat. Di sini akan dipaparkan jalur alternatif untuk menghindari kemacetan di jembatan Comel. Menurut instruksi dari Pemprov Jateng dan Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, jalur alternatif hanya bisa digunakan oleh kendaran kecil seperti sepeda motor, mobil, dan truk kecil. Untuk truk besar dengan angkutan berat harus melintasi jalur selatan.

Truk besar yang datang dari arah barat, bisa belok ke kanan saat berada di Tegal. Sedangkan yang dari arah timur (Semarang dan Surabaya) belok kiri saat berada di Semarang. Untuk kendaraan kecil, bisa melewati jalur alternatif lingkar Pemalang. Sebagai jalur alternatif jembatan Comal, bisa melintasi pertigaan Ujunggede ke selatan.  Kemudian sampai di Mapolsek Bodeh, belok kiri yang akan tembus dengan pertigaan Comal. Untuk kendaraan kecil dari arah timur bisa lewat pertigaan Comal belok ke selatan. Sampai di Mapolsek Bedeh lalu belok kanan. Setelah itu, akan ada petunjuk jalan yang mengarahkan ke Jakarta yang akhirnya akan tembus dengan Sewaka (pabrik Gondorukem).

Demikian tadi informasi jalur alternatif jembatan Comal yang bisa digunakan untuk menghindari kemacetan yang padat.

Jalur Alternatif Jembatan Comal Sudah Bisa Dilewati | author | 4.5