HASIL DEBAT CAPRES 2014 Ronde 2 : PRABOWO VS JOKOWI Terbaru Juni 2016

Hasil debat capres 2014 putaran kedua telah selasai dilakukan pada hari Minggu (15/6/2014). Berbeda dengan debat capres sebelumnya yang melibatkan calon wakil presiden, kali ini debat hanya diikuti oleh calon presiden saja, yaitu antara Prabowo dan Jokowi. Debat yang dimoderatori oleh Ahmad Erani Yustika dari Universitas Brawijaya  ini mengambil tema pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Hasil Debat Capres 2014

hasil debat capres prabowo jokowi putaran dua

Visi dan Misi Prabowo

Untuk membangun ekonomi Indonesia, Prabowo mengungkapkan visi kemakmuran bersama. Untuk mencapai tujuan itu, calon presiden nomor urut satu itu akan mencegah terjadinya kebocoran anggaran negara hingga 1.000 triliun dan meningkatkan pendapatan negara. Oleh karena itu, Prabowo mendukung investor asing masuk di Indonesia selama tidak membunuh ekonomi rakyat. Setelah pendapatan negara yang meningkat dan mencegah terjadinya  kebocoran anggaran,  uangnya akan dianggarkan untuk membangun desa dengan memberikan uang tunai senilai 1 milliar pertahun untuk seluruh desa di Indonesia.

Selain itu, gaji untuk dokter, perawat, bidan akan ditingkatkan agar memberi pelayanan yang bagus kepada masyarakat. Kemudian, Prabowo juga berjanji untuk membantu meningkatkan pendapatan penduduk Indonesia menjadi dua kali lipat. Untuk meningkatkan pendapatan penduduk dan menanggulangi pengangguran, Prabowo merencanakan akan membuka lahan sawah baru 2 juta hektare dan 2 juta bioetanol dari lahan hutan yang rusak. Inilah pemaparan visi dan misi Prabowo sebagai hasil debat capres 2014 yang berlangsung tadi malam.

Visi dan Misi Jokowi

Ketika mendapat amanah menjadi presiden Indonesia, Jokowi menjanjikan ekonomi berdikari. Kemajuan ekonomi bisa dimulai dengan membangun SDM penduduk Indonesia yang disebut sebagai revolusi mental. Guna memperdayakan ekonomi rakyat, calon presiden yang pernah menjabat sebagai wali kota Solo ini akan memperhatikan koperasi, UMKM, pasar tradisional, kelautan, industri, dan pembangunan desa karena menurut Jokowi kekuatan ekonomi Indonesia ada pada faktor-faktor tersebut. Oleh karena itu, calon presiden nomor urut dua itu berjanji akan memperkuat peran pasar tradisional dengan membangunnya agar lebih nyaman begitu juga memberikan tempat untuk PKL.

Jika hal di atas sudah berjalan dengan baik, perlu adanya perbaikan sistem seperti e-budgeting, e-purchasing yang salah satunya berguna untuk menanggulangi kebocoran anggaran negara. Dengan kekuatan itu, hutang negara yang sekarang sangat tinggi akan bisa diatasi. Berbeda dengan Prabowo, untuk mengontrol pertumbuhan penduduk, Jokowi memiliki alternatif lain yaitu dengan menghidupkan program BKKBN. Dalam hal penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, presiden yang dicalonkan dari PDIP ini memilih untuk tidak menyiapkan aggaran tetapi dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis dan pendidikan gratis.

Demikian tadi hasil debat capres 2014 yang membahas seputar ekonomi dan kesejahteraan rakyat setelah putaran debat capres pertama lalu membahas masalah hukum, ham, dan demokrasi. Dari kedua calon yang ada, telah memaparkan visi dan misinya secara jelas dalam acara debat itu. Setelah memahami cara membangun Indonesia dari setiap calon, sekarang giliran anda untuk menentukan pilihan sebagai penentu nasib bangsa Indonesia. Gunakan hak pilih dalam pemilu nanti yang akan dilaksanakan pada 9 Juli 2014.

HASIL DEBAT CAPRES 2014 Ronde 2 : PRABOWO VS JOKOWI | author | 4.5