Hasil Debat Capres 2014 Putaran Ke-3, Jokowi Drone Vs Prabowo Laut China Selatan Terbaru Juni 2016

Hasil debat capres 2014 bisa menjadi cara masing-masing calon presiden menarik dukungan dari seluruh rakyat Indonesia dalam pemilihan presiden pada 9 Juli 2014 nanti. Debat calon presiden yang dilaksanakan di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, pada hari Minggu (22/06/2014) merupakan putaran ke-3 dan lanjutan dari debat ke dua minggu lalu dari 5 putaran yang direncanakan. Kali ini, Hikmahanto, guru besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, tampil sebagai moderator dalam debat capres yang mengusung tema Ketahanan dan Politik luar negeri.

hasil debat capres prabowo jokowi ke 3, drone vs laut china selatan

Format debat dalam putaran ini tidak berbeda dengan putaran ke-2, masih menggunakan format debat semi-terbuka. Di awal acara, moderator mempersilakan masing-masing calon presiden memaparkan visi dan misi terkait tentang langkah-langkah yang akan dilakukan ke depannya. Berikut ini ringkasan hasil debat capres 2014 tadi malam.

Hasil Debat Capres 2014 Ke-3 Antara Prabowo Vs Jokowi

Prabowo

Calon presiden nomor urut satu ini mendapat kesempatan pertama untuk menyampaikan visi misinya. Dalam kesempatan ini, Prabowo memaparkan bahwa masih ada kebocoran-kebocoran dalam mengolah kekayaan negara. Kekayaan sumber daya alam Indonesia yang seharusnya bisa untuk kesejahteraan rakyat tapi diambil oleh pihak asing. Oleh karena itu, jika kelak Prabowo dan Hatta menjadi presiden, mereka ingin menyelamatkan ekonomi nasional demi kepentingan Indonesa dan kesejahteraan bersama.

Dalam sesi tanya jawab, untuk menjawab pertanyaan dari Jokowi, Prabowo menyinggung tentang kebijakan internasional selama pemerintahan SBY. Meskipun selalu menggembor-gemborkan gerakan perubah, Prabowo mengungkapkan bahwa kebijakan politik luar negeri  pemerintahan saat ini sudah cukup baik sehingga hal itu tidak perlu diubah.

Jokowi

Jokowi memaparkan pandangannya tentang kebijakan  politik luar negeri yang akan menjadi prioritasnya saat menjabat sebagai kepala pemerintahan kelak, yaitu; perlindungan warga Indonesia termasuk TKI, sumber daya alam dan maritim dengan pesawat drone, komoditas dalam dan luar negeri, keamanan nasional dan internasional. Terkait dengan ketahanan nasional, Jokowi menilai pentingnya memperhatikan kesejahteraan prajurit, memodernisasikan peralatan alutsisa seperti pengadaaan drone di tiga zona, peralatan militer tentara. Kemudian Jokowi juga berjanji akan menyelesaikan masalah pencurian ikan di zona laut Indonesia dan penebangan liar yang marak terjadi.

Ada hal yang menarik yang perlu dicatat dalam hasil debat capres 2014 kali ini, yaitu ketika Prabowo mempertanyakan laut china selatan dan teknologi canggih yang dielu-elukan oleh Jokowi tapi kenyataannya mendiangnya Megawati pernah menjual satelit Indosat ke pihak asing. Menanggapi pertanyaan itu, Jokowi menjelaskan bahwa pada saat Indosat dijual,  keadaan ekonomi Indonesia sedang dalam keadaan yang tidak memungkinkan. Untuk menyelamatkan APBN, maka Indosat dijual tapi dengan klausal satelit itu bisa dibeli kembali. Maka, Jokowi berencana akan membeli saham 70 % yang sekarang dimiliki oleh asing.

Itulah beberapa poin penting dalam debat capres 2014. Usai debat calon ini berlangusung, banyak berita dan komentar positif dan negatif yang disampaikan oleh pakar. Menurut peneliti Lembaga Ilmu Pengetahun Indonesia bidang kajian politik luar negeri dan pertahanan, M. Haripin, menyimpulakan bahwa gagasan yang disampaikan Jokowi lebih menggairahkan dibandingkan gagasan Prabowo. Anda tentu memiliki kesimpulan sendiri terkait hasil debat capres 2014 ini sebagai pijakan memilih nanti. Lihat juga Cara Daftar BPJS.

Hasil Debat Capres 2014 Putaran Ke-3, Jokowi Drone Vs Prabowo Laut China Selatan | author | 4.5