Hasil Debat Capres 2014 Prabowo Vs Jokowi – Jadwal Lengkap Terbaru Juni 2016

Hasil Debat Capres 2014 Prabowo Vs Jokowi berlangsung sengit tadi malam. Kedua kubu cukup memberikan pertanyaan yang saling menohok. Masih ada 4 putaran debat lagi dari Jadwal debat capres 2014 yang rencananya akan diadakan dalam 5 putaran. Dari dua pasangan presiden yang maju dalam pemilihan kali ini, Prabowo Hatta dan Jokowi JK, sudah masuk tahap debat presiden sesi pertama yang digelar pada hari Senin (9/6) bertempat di balai Sarbini, Jakarta bertema Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan yang Bersih, dan Kepastian Hukum. Acara ini diadakan mengingat pemilihan presiden sebentar lagi akan bergulir. Pesta demokrasi ini akan dilaksanakan pada tanggal 09 Juli 2014 nanti.

hasil debat capres prabowo vs jokowi 2014

Mengawali  putaran pertama debat capres dari 5 jadwal debat capres 2014 yang direncanakan, kali ini dimoderatori oleh Zainal Arifin Mochtar, staf pengajar hukum tata negara dari UGM, ini memberikan sesi tanya jawab antar pasangan di akhir-akhir. Pasangan Prabowo Hatta yang diberikan kesempatan pertama mengajukan pertanyaan kepada pasangan Jokowi JK tentang pandangan pemilihan kepala daerah yang efektif dan tidak membebani anggaran pemerintah pusat. Prabowo menjelaskan bahwa pemilihan kepala daerah menghabiskan dana sampai 13 trilliun. Untuk memberi jawaban itu, calon presiden yang juga merupakan mantan wali kota Solo ini berpendapat bahwa sebaiknya pemilihan baik kepala pemerintah pusat dan kepala daerah perlu diadakan serentak agar tidak membuat anggaran negara membengkak. Selain itu, Jokowi menegaskan pentingnya kedaulatan rakyat dalam menentukan pemimpin yang akan dipilih.

Ketika kubu Jokowi-JK diberi kesempatan bertanya, ada satu  pertanyaan yang ramai dibicarakan orang,  yaitu ketika Jusuf Kalla calon wakil presiden dari pasangan nomor 2 ini menyampaikan pertanyaan yang menyinggung tentang masalah HAM kepada Prabowo. Bagaimanapun sulitnya, Calon presiden dari partai Hanura itu harus memberi jawaban yang jelas agar hasil debat capres 2014 tidak mengurangi elektabilitasnya. Prabowo menjawab bahwa apa yang dilakukannya adalah demi menjaga keutuhan negara Indonesia dan menjalankan perintah atasan. Perlu diketahui bahwa Prabowo menjabat sebagai Pangkostrad pada tahun 1998 dan dituding terjerat hukum saat terjadi kerusuhan Mei 1998.

Sebagai hasil debat pasangan calon presiden 2014 Prabowo Vs Jokowi, beberapa pengamat dan ahli berpendapat bahwa dalam sesi tanya jawab antar pasangan calon presiden ini kubu Jokowi-JK lebih superior daripada lawannya. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan terkesan ofensif sementara pasangan Prabowo-Hatta defensif. Beberapa pengamat juga mengatakan bahwa pasangan presiden nomor urut 2 dianggap menang dalam adu argumen ini. Dari pihak pendukung pasangan nomor urut dua juga tidak mau kalah, mereka mengklaim bahwa sikap Prabowo dalam debat presiden tersebut mencerminkan sebagai sikap seorang negarawan yang sebenarnya.

Hasil debat capres 2014 putaran pertama ini tentu bisa menjadi pertimbangan pemilih untuk menentukan pemimpin yang terbaik. Seusai putaran pertama ini, masih ada jadwal debat capres 2014 yang akan dilaksanakan pada:

Debat Capres ke-2 15 Juni 2014, debat calon presiden dengan tema Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial (disiarkan Metro TV)

Debat ke-3 22 Juni 2014, debat calon wakil presiden dengan tema Politik Internal dan Ketahanan Nasional (Disiarkan TV One, ANTV,

Debat ke-4 29 Juni 2014, debat calon wakil presiden dengan tema Pembangunan Sumber Daya Manusia dan IPTEK (Disiarkan RCTI dan MNC TV)

Debat Capres ke-5 5 Juli 2014, debat pasangan presiden dengan tema Pangan, Energi, dan Lingkungan (disiarkan TVRI dan KOMPAS TV)

Demikian berita hasil debat capres Prabowo Hatta Vs Jokowi JK 9 Juni 2014 dan jadwal debat capres 2014 selanjutnya. Jangan sampai ketinggalan!

Hasil Debat Capres 2014 Prabowo Vs Jokowi – Jadwal Lengkap | author | 4.5