Hari Kemerdekaan Indonesia ke 69 Meriah Dengan Panjat Pinang Terbaru Juni 2016

Peringatan HUT Hari Kemerdekaan Indonesia ke 69 dilakukan cukup meriah. Berbagai daerah melakukan banyak kegiatan untuk memperingati. selain dengan upacara bendera merah putih, di kota-kota besar diadakan banyak lomba mulai dari panjat pinang, karaoke, senam, gerak jalan, dan parade kostum nasional. Sementara di desa-desa biasanya diperingati dengan model acara dangdut, lomba panjat pinang, gebuk bantal, gelaran ketoprak dan wayang, dan parade marching band. Hal ini sebagai wujud rasa terima kasih atas kemerdekaan yang telah diberikan. Mengingat merdeka tidak diraih semudah membalik telapak tangan melainkan perlu perlawanan ratusan tahun.

Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke 69 di berbagai tempat

Hari Kemerdekaan Indonesia ke 69 Meriah

HUT Kemerdekaan RI di Jakarta dan Istana Merdeka

Sebuah kebetulan pelaksanaan hari ulang tahun RI ini bertepatan dengan hari Minggu. Biasanya warga kota besar seperti Jakarta ramai mengadakan acara car free day sebagai bentuk penghormatan lingkungan supaya tidak tercemar. Namun, acara ini ditiadakan karena ada hajatan acara yang lebih penting yaitu upacara kemerdekaan. Tapi bukan berarti semua kendaraan bebas melintas. Pasalnya sejumlah titik ditutup untuk pengamanan seperti di Jalan Medan Merdeka Barat dan Utara, Jalan Veteran I II III, Jalan Majapahit, Jalan Museum dan Jalan Veteran Raya.

Di Istana Merdeka sendiri, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi inspektur upacara untuk memperingati detik-detik proklamasi di halaman kemerdekaan. Di tengah pelaksanaan, para hadirin disuguhi atraksi akrobatik dari TNI Angkatan Udara. Semua yang melihat cukup terpesona dengan memberikan tepuk tangan yang meriah.

Seperti biasa, semua mantan Presiden RI yang masih hidup mendapat undangan untuk menghadiri upacara ini. Mantan Presiden Megawati tampak tidak hadir seperti tahun-tahun yang lalu. Beliau lebih memilih untuk memperingatinya di marka PDIP di Jl Lenteng Agung dan menjadi inspektur upacara di sana.

Hari Merdeka dengan Panjat Pinang

Lomba panjat pinang masih menjadi acara menarik dan khas warga indonesia untuk memperingati hari merdeka. Semangat juang bersama kelompok untuk mengambil hadiah yang ada di pucuk pohon pinang dengan lumuran oli ini menyerupai semangat para pahlawan saat merebut kemerdekaan. Hadiah yang ada juga tidak sembarangan, kadang ada tv, hp, baju, dan lainnya yang berharga mahal seperti harga kemerdekaan yang mahal harganya.

Google Juga Rayakan RI Merdeka

Google Indonesia melalui Google Doodle juga ikut merayakan HUT RI ke 69. Kali ini gambar yang disajikan cukup menarik. Satu gambar tapi sudah mencerminkan makna Bhinneka Tunggal Ika. Ada rumah adat, pakaian adat, suku, dan upacara bendera merah putih. Berikut gambar yang ada di google doodle hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2014.

Hari Kemerdekaan Indonesia di Google Doodle

Ucapan Selamat dari Negara Tetangga

Sejauh ini dari pantauan berbagai berita di media, baru ada dua negara yang mengucapkan selamat hari ulang tahun ke 69 untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pertama dari Malaysia melalui tokoh politik Anwar Ibrahim. Anwar menyampaikan ucapannya ini melalui akun twitter resminya dengan kata pembuka Negara Sahabat Indonesia.

Ucapan kedua datang dari Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry yang menyampaikan selamat atas peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke 69. Kerry menambahkan bahwa demokrasi Indonesia terus berkembang. Indonesia telah menjadi negara penting untuk dunia Internasional. Kerjasama dengan AS yang sudah berjalan 4 tahun ini dirasa berjalan cukup baik dan diharapkan untuk bisa di tingkatkan. Kerry sendiri sudah 2 kali datang ke Indonesia.

Hari Kemerdekaan Indonesia ke 69 Meriah Dengan Panjat Pinang | author | 4.5