Hari Guru Nasional & Henri de Toulouse Lautrec di Google Doodle Terbaru Juni 2016

Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November yang jatuh pada hari ini. Salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan untuk merayakan hari guru adalah dengan melakukan upacara sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan tanda jasa, kepala sekolah, hingga staf sekolah. Namun, di era digital seperti sekarang, bukan hanya dengan upacara bendera saja cara merayakannya. Banyak yang mengucapkan hari guru melalui DP BBM, status Facebook, bahkan google doodle pun ikut merayakannya dengan tampilannya yang unik. Selain hari guru, kemarin 24 November, Google doodle juga memperingati ulang tahun ke 150 dari Henri de Toulouse Lautrec.

 

Peringatan Hari Guru Nasional dan Henri de Toulouse Lautrec di Google Doodle

Hari Guru Nasional

Siapakah Henri de Toulouse Lautrec?

Senin, 24 November 2014 menjadi momen ulang tahun ke-150 bagi pemilik nama lengkap Henri Marie Raymond de Toulouse Lautrec Monfa. Pelukis asli Jerman ini memiliki karya yang sarat akan makna, provokatif, dan elegan serta menarik. Hasil karyanya bahkan bisa mengubah kehidupan masyarakat di era modern. Seniman yang meninggal pada tahun 1901 ini memiliki tubuh yang kecil atau biasa dikenal dengan sebutan manusia kerdil. Kondisi ini merupakan akibat dari kondisi bawaan yang disebabkan oleh pernikahan sedarah. Pria yang lahir pada 24 November 1864 ini meninggal karena komplikasi alkohol dan penyakit raja singa atau sifilis. Salah satu lukisannya pernah ada yang terjual dengan harga Rp 272 Miliar dalam sebuah lelang.

 

Hari guru trending topic

Peringatan hari guru tahun 2014 ini tidak biasa. Bayangkan saja, hampir semua orang ikut menyerukan selamat hari guru nasional. Pemakai media sosial sibuk mengangkat tema hari guru dan mengucapkan selamat kepada pahlawan tanda jasa atas hari ini. Di twitter, hari guru juga sempat menjadi trending topic. Sementara di DP atau Display Picture BBM, banyak sekali gambar ucapan selamat hari guru di Indonesia.

Sejarah singkat diperingatinya hari guru pada tanggal 25 November ini didasarkan pada kepres nomor 78 tahun 1994. Di mana hari guru diperingati bersamaan dengan lahirnya PGRI atau Persatuan Guru Republik Indonesia. PGRI sendiri lahir pada tanggal 25 November pada tahun 1945. Itu tandanya, hari ini juga menjadi hari ulang tahun PGRI yang ke-69.

Simak juga berita :

 

Indonesia 25 November, dunia 5 Oktober

Indonesia memang memilih tanggal 25 November sebagai peringatan hari guru, namun sebenarnya ada juga peringatan hari guru Dunia yang selalu diperingati setiap tahun, yakni pada tanggal 5 oktober. Keduanya memiliki arti yang mendalam dan penghormatan yang besar kepada semua yang telah berjasa mendidik dan mengajarkan banyak hal kepada kita semua.

 

Cara Google Doodle rayakan Hari Guru

Google doodle tampil dengan beberapa kegiatan guru untuk memperingati Hari Guru Nasional di Indonesia. Di antaranya adalah gambar guru yang duduk di belakang meja untuk huruf G, guru yang mengajar di kelas untuk huruf O, guru yang sedang membaca untuk huruf O kedua, guru olahraga yang sedang membawa bola untuk huruf G, guru yang ada di laboratorium untuk huruf L dan huruf E untuk guru yang mengajari musik.

Hari Guru Nasional & Henri de Toulouse Lautrec di Google Doodle | author | 4.5