Hari AIDS Sedunia 2014, Sejarah dan Maknanya Terbaru Juni 2016

Hari AIDS sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember, setiap tahunnya. Hari ini menjadi hari yang bersejarah itu, warga dunia termasuk Indonesia beramai-ramai mengampanyekan penyakit AIDS yang disebabkan oleh virus HIV dan menjadi salah satu PMS atau Penyakit Menular Seksual yang paling ditakuti. Diperingatinya hari AIDS ini didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia supaya terhindar dari penyakit ini. Bagaimana sejarah hari AIDS?

 

Sejarah Hari AIDS Sedunia, Makna dan Fakta tentang HAS

 Hari AIDS Sedunia 2014

Sejarah Hari AIDS

Ada sejarah yang melatar belakangi dipilihnya tanggal 1 Desember sebagai hari AIDS. Adalah James Bunn dan Thomas Netter yang memiliki gagasan untuk memperingati peningkatan kesadaran AIDS pertama kali pada tahun 1987. Kemudian, 1 tahun setelahnya tepat di tahun 1988, hari AIDS mulai diperingati dengan persetujuan dari Dr. Jonathan Mann selaku mantan kepala program AIDS. Sebelum mulai diperingati pada tahun 1988, pada tahun 1981, Amerika Serikat juga turut mengampanyekan penyakit ini. Pada tahun tersebut, publik seolah disadarkan dengan keberadaan penyakit HIV AIDS yang dapat ditularkan pada pasangan sejenis atau gay. Dipilihnya tanggal 1 Desember ini kabarnya dikarenakan tanggal tersebut pemilu AS sudah dihelat dan liburan natal juga belum datang. Kemudian, sesuai dengan sejarahnya, UNAIDS mengambil alih promosi hari AIDS pada tahun 1996. Sementara itu, sesuai dengan perkembangannya, pada tahun 2007, hari AIDS juga dilambangkan dengan pita dan diresmikan oleh gedung putih.

 

Makna Peringatan AIDS

Perayaan dan peringatan hari AIDS sedunia ini menjadi salah satu pecut bagi seluruh umat manusia. Di mana hari ini menjadi salah satu alarm untuk meningkatkan kesadaran atas penyakit menular seksual ini. Sejak diresmikan sebagai hari AIDS pada tahun 1988. Negara di penjuru dunia juga turut mengampanyekannya. Bahkan, di Indonesia sendiri peringatan penyakit HIV AIDS ini juga sudah cukup lama. Dari data yang tercatat di WHO, hingga saat ini sebanyak 35 juta lebih penduduk dunia sedang menderita penyakit ini dan masih hidup hingga sekarang. Sementara itu, angka kematian yang diakibatkan oleh HIV AIDS dari tahun 1981 hingga 2012 tercatat sebanyak 36 juta jiwa.

 

Simak juga berita :

 

Fakta seputar AIDS

Kesadaran akan penyakit AIDS harus semakin ditingkatkan, sebab penyakit ini tidak menimbulkan gejala di awal terjangkitnya. Gejala awal dari penyakit ini sangat umum dialami, seperti flu, dan yang lainnya. Ketika orang sudah menderita AIDS dalam waktu lama, maka gejalanya baru bisa dideteksi. Naasnya, korban dari penyakit ini tidak hanya orang dewasa yang membawa virus. Anak-anak pun bisa jadi korban. Karena virus ini bisa ditularkan oleh seorang ibu kepada anaknya. Perlu Anda ketahui kalau AIDS sangat rentan ditularkan oleh homoseksual dan soal obat HIV AIDS, pengobatan alternatif masih menjadi pilihan utama.

Baca juga seputar perayaan hari guru nasional.

Dengan adanya hari AIDS sedunia ini, perumpamaan lebih baik mencegah dari pada mengobati sangat pas untuk mewakilinya. Karena ketika seseorang sudah menderita penyakit ini, tingkat kesembuhan dan cara menyembuhkannya akan menjadi misteri.

Hari AIDS Sedunia 2014, Sejarah dan Maknanya | author | 4.5