Hakim Putuskan Penetapan Tersangka Budi Gunawan Tidak Sah Terbaru Juni 2016

Kasus polemik diantara KPK versus Polri memasuki babak baru. Setelah dilangsungkannya proses pra peradilan KPK oleh Komjen Budi Gunawan pada Januari lalu, kini pihak Budi Gunawan mendapat angin segar. Putusan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang sempat terhambat selama 2 minggu ini, akhirnya dibacakan pada hari Senin (16/2/2015). Hakim Sarpin Rizaldi selaku hakim ketua dalam sidang praperadilan Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan penatapan tersangka Budi Gunawan oleh lembaga anti rasuah tersebut adalah tidak sah.

penetapan-tersangka-budi-gunawan-tidak-sah

“Menyatakan penetapan tersangka termohon (Budi Gunawan) oleh pemohon (KPK) adalah tidak sah,” demikian bunyi putusan yang dikeluarkan oleh Hakim Sarpin.

Sarpin Rizaldi dalam putusannya selaku hakim ketua menyatakan bahwa situasi yang terjadi pada Budi Gunawan terbukti tidak sesuai seperti pada saat yang disangkakan oleh KPK. Dalam penetapan tersangka Budi Gunawan, menurutnya, sang Komjen yang dulunya menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier Deputi Sumber Daya Manusia Polri pada periode 2003-2006, serta berbagai jabatan kepolisian lainnya, dianggap bukan penegak hukum dan bukan penyelenggara negara, sehingga dianggap tidak relevan dengan tuduhan KPK.

Anehnya, hakim menganggap bahwa kasus yang menjerat Budi Gunawan tidak dapat dikategorikan sebagai kasus yang meresahkan masyarakat. Juga, tidak adanya kerugian negara yang ditimbulkan dalam kasus ini juga menjadi alasan hakim untuk mematahkan penetapan tersangka Budi Gunawan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Seperti diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi sendiri menjerat Budi Gunawan yang dianggap menerima gratifikasi Pasal 12 huruf a atau huruf b, Pasal 5 ayat 2, dan Pasal 11 dan Pasal 12 B Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Sedangkan, tindak pidana yang dimaksud adalah korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji kepada Budi Gunawan pada periode 2003-2006. Budi sendiri terancam hukuman maksimal penjara seumur hidup jika terbukti melanggar pasal tersebut.

Sedangkan pihak KPK sendiri menyatakan dalam akun jejaring sosial Facebook pada Senin pagi bahwa pihaknya telah menetapkan status tersangka Budi Gunawan secara tepat. Pihaknya juga akan menelaah putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan berkoordinasi dengan pihak pengadilan secepatnya.

Hakim Putuskan Penetapan Tersangka Budi Gunawan Tidak Sah | wahyuni | 4.5