Habib Novel Buron DPO Setelah Demo FPI Anarkis Tolak Ahok Terbaru Juni 2016

Habib Novel akhirnya ditetapkan sebagai buronan dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) setelah dalam waktu 1×24 jam tidak kunjung juga menyerahkan diri. Kasus ini terkait dengan demo anarkis yang dilakukan FPI melawan Polisi. Demo ini bertujuan menolak Wakil Gubernur Jakarta Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama menjadi Gubernur DKI menggantikan Joko Widodo setelah menang dalam Pemilu Presiden RI.

 

Habib Novel Jadi Buron DPO Setelah Demo FPI Anarkis Tolak Ahok Jadi Gubernur DKI

Habib Novel Buron DPO Polisi Kasus Demo Anarkis FPI Tolak Ahok

Kronologis Demo FPI Anarkis Vs Polisi

Peristiwa ini bermula dari aksi demo anarkis yang dilakukan oleh anggota FPI pada hari Jumat Tanggal 3 Oktober 2014 dimulai pada pukul 14.00 WIB. Aksi ini sebagai wujud penolakan pengangkatan Ahok sebagai Gubernur DKI. Sayangnya, aksi ini tiba-tiba berubah menjadi ricuh karena simpatisan FPI yang memakai baju putih-putih terus merangsek ke arah gedung DPRD setelah mediasi untuk mempertemukan anggota DPRD gagal karena “digagalkan sendiri” oleh FPI dengan memulai melempari polisi. FPI melempari batu, kotoran sapi dan kotoran kuda ke arah Polisi yang bertugas dan berjaga.

 

Sembari melempari polisi, para anggota FPI juga berteriak dengan mengucapkan kata Serang, Ayo maju polisi, Jangan pengecut. Kalimat ini seolah menunjukkan makna menantang polisi yang berjaga melindungi ring 1 DPRD. Seketika, perkelahian pecah. Polisi mengejar para anggota FPI. Bahkan aksi jotos juga terjadi dengan jual beli bogem mentah. Merasa kalah kekuatan, akhirnya FPI mundur dan kocar-kacir melarikan diri.

 

Malam harinya, koordinator lapangan (Korlap) bernama Irwan yang memimpin jalannya demo dan aksi di DPRD akhirnya di tangkap dengan dijemput paksa di markas FPI oleh polisi yang dipimpin Irjen Unggung Cahyono. Sebelum proses penjemputan paksa ini, pihak kepolisian juga menelepon Habib Rizieq Shihab selaku ketua FPI meminta izin untuk menjemput Irwan.

Selain itu, polisi juga menangkap 21 orang lainnya yang terlibat dalam demo ini. sayangnya, 14 orang yang terlibat berasal dari daerah luar Jakarta. Lalu kenapa mereka ikut demo anarkis?

 

Simak juga berita

 

Siapa Habib Novel? Ini Profilnya

Pria bernama lengkap Habib Novel Bamukmin ini adalah koordinator lapangan (aksi) demo di Balaikota yang berakhir ricuh dengan aksi saling pukul antara FPI dan Polisi. Pria ini ikut kabur dan melarikan diri setelah “kalah” dalam bentrok dengan polisi. Jabatannya sendiri dalam struktur organisasi FPI adalah sebagai Sekretaris DPD FPI Jakarta. Sementara ini, tidak informasi profil Habib yang beredar di internet. Kebanyakan adalah aksinya yang getol menyerang Ahok untuk menjaga tutur ucapannya.

 

Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui di mana keberadaan Habib Novel. Polisi juga belum beraksi karena masih memberikan waktu 1 x 24 jam yang sudah usai tadi malam. Berbagai petunjuk melalui kerabat dan juga teman sedang dilacak oleh kepolisian untuk mencari keberadaan sang Habib. Apakah ada kemungkinan disembunyikan oleh anggota FPI lainnya? Mungkin iya mungkin tidak, karena orang yang menyembunyikan DPO juga akan dikenai hukuman penjara yang setara.

Habib Novel Buron DPO Setelah Demo FPI Anarkis Tolak Ahok | author | 4.5